Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Kerusakan !!






Merawat Kamera DSLR Dengan Benar
Cara Merawat Kamera DSLR
Cara Merawat Kamera DSLR - Apakah Anda mempunyai kamera DSLR? Atau Anda ingin membeli kamera profesional tersebut untuk kegiatan memotret Anda? Jika iya, apakah Anda sekalian sudah mengetahui bagaimana cara merawat kamera DSLR yang benar? Beberapa orang mungkin belum mengetahui bagaimana cara merawat kamera DSLR agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan, selain harganya sangat mahal kamera DSLR ini juga akan sangat disayangkan jika mengalami kerusakan karena lensa-lensa yang sudah dibelipun kemungkinan besar tidak akan bisa digunakan lagi. Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas dan memberikan Tips Dan Panduan Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula, sekarang saatnya kami ingin memberikan informasi seputar cara merawat kamera DSLR yang benar agar kamera Anda selalu terjaga dan terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.


Selain harga yang terbilang cukup mahal, kamera DSLR juga membutuhkan perawatan yang benar. Ingin tahu bagaimana cara merawat kamera DSLR yang benar? Mari baca ulasan kami berikut ini.

CARA MERAWAT KAMERA DSLR AGAR TERHINDAR DARI KERUSAKAN !!


Merawat sebuah kamera merupakan tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan para pecinta foto agar kamera yang dipunyai tidak menjadi rusak dan tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memperbaiki kamera yang rusak, untuk itu kami bagikan bagaimana cara merawat kamera DSLR dengan benar :

Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Rusak
Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Rusak

Cara pertama merawat kamera DSLR yaitu jauhkan kamera Anda dari air, kecuali jika Anda benar-benar yakin bahwa kamera Anda waterproof atau weather sealed. Air dapat membuat bagian dalam kamera Anda menjadi lembab dan dapat mengakibatkan bagian atau komponen internal kamera menjadi rusak, selain itu Anda juga harus mengetahui bahwa walaupun kamera tersebut menjelaskan bahwa weather sealed Anda pun tetap tidak boleh memasukannya ke dalam air begitu saja.

Perawatan kamera DSLR yang kedua ialah cara membersihkan lensa kamera tidak boleh Anda lakukan dengan langsung menyemprotkan cairan pembersih lensa pada lensa, namun Anda harus terlebih dahulu menyemprotkan cairan tersebut pada selembar kain microfiber kemudian barulah Anda mengusapkan kain itu secara perlahan pada lensa kamera sehingga kamera tidak tergores dan bersih dari debu. perlu diperhatikan pula bagi Anda para pemula, jangan pernah menyentuh lensa kamera Anda dengan jari, selalu gunakan lens hood supaya lensa kamera terlindungi dari benturan, Anda juga disarankan menggunakan lens cap ketika kamera tidak digunakan karena untuk mengurangi menempelnya debu dan kotoran pada lensa kamera.


Cara Merawat Kamera DSLR
Melakukan Perawatan Pada Kamera DSLR


Merawat Kamera DSLR
Tips Merawat Kamera DSLR

Merawat kamera DSLR yang benar selanjutnya yaitu Anda juga harus mematikan kamera sebelum Anda mengeluarkan batere atau memory card. Perlu Anda ketahui pula bahwa didalam kamera DSLR juga terdapat komputer yang memonitor kinerja kamera, jadi saat Anda mencolokan ke komputer Anda mungkin saja kamera tidak akan kuat terhadap perubahan arus listrik yang terjadi.

Cara merawat kamera DSLR yang keempat yaitu selalu gunakan strap kamera untuk mengurangi resiko kamera terjatuh dengan tidak disengaja, belilah strap kamera di toko-toko kamera DSLR untuk mendapatkan strap kamera yang nyaman untuk Anda.


Tips Merawat Kamera DSLR Dengan Benar
Cara Merawat Kamera DSLR Dengan Benar

Cara kelima dalam merawat kamera DSLR yang benar ialah saat Anda melakukan pemotretan di laut, pastikan setelah pemotretan Anda membersihkan lensa kamera dengan sedikit air dan lap hingga benar-benar kering. Hal ini bertujuan supaya kandungan logam didalam kamera dan lensa kamera tidak mudah karatan.

Cara keenam untuk merawat kamera DSLR yaitu pahami betul semua bagian yang ada pada kamera DSLR, didalam kamera tersebut banyak bagian yang bergerak, apabila terdapat bagian yang macet dan tidak berfungsi dengan normal maka lebih baik jangan asal membuka atau memaksa untuk diperbaiki sendiri jika memang Anda kurang paham mengenai bagian kamera, tanyakan pada teman yang lebih mengerti atau Anda bisa langsung mendatangi service center yang ada di kota Anda.

Tips merawat kamera DSLR yang ketujuh yaitu simpan kamera pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tentunya ditempat yang kering dan tidak lembab. Belilah silica gell atau lebih bagus lagi jika Anda membeli dry box agar Anda dapat mentur kelembaban kamera Anda.
Cara Merawat Kamera DSLR
Cara Dan Tips Merawat Kamera

Tips dan cara merawat kamera DSLR kedelaman ialah gunakan blower ketika Anda mengetahui bahwa pada sensor kamera Anda terdapat debu, atau jika memang debu tersebut sangat sulit terangkat pergilah ke service center untuk segera ditangani oleh para ahlinya.

Perawatan Kamera DSLR Yang Benar
Perawatan Untuk Kamera DSLR

Tips dan cara merawat kamera yang selanjutnya ialah gantilah batere kamera sesuai masanya. Batre kamera DSLR ialah batere lithium ion yang biasanya kuat dan bertahan dalam 500 kali siklus recharger.

Kemudian jangan tinggalkan kamera DSLR Anda didalam mobil yang bersuhu panas atau terkena panas sinar matahari langsung, hal ini bisa menyebabkan kamera mudah mengalami kerusakan.

Demikian beberapa tips dan cara merawat kamera DSLR dengan benar, lebih baik melakukan perawatan dengan benar dan menghindari kerusakan yang bisa terjadi daripada Anda merogoh kocek yang dalam untuk memperbaiki kamera yang sudah rusak. Terimakasih telah membaca.

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Kerusakan !! Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Kerusakan !! Reviewed by Jeng Admin on 6:24 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.