Tips Belajar Mengemudi Mobil Manual. Pemula!






Belajar cepat cara mengemudi dan menyetir mobil manual bagi pemula
Setelah pada postingan sebelumnya kami telah membahas Cara Belajar Menyetir Mobil dalam 7 Hari, kali ini kami akan melengkapi dengan ulasan tersebut dengan tips belajar mengemudi mobil manual. Kebanyakan dari para pengemudi pemula merasa sudah bisa mengusai kemudi mobil dan menganggap enteng. Mereka terburu-buru turun ke jalan raya sehingga menimbulkan bahaya bagi mereka sendiri maupun bagi para pengguna jalan lainnya. Sebenarnya memang banyak hal yang harus diperhatikan saat Anda masih berstatus sebagai pengendara atau pengemudi mobil pemula. Namun dengan latihan rutin dan ditambah dengan jam terbang Anda, tentu semua itu tidak akan terasa sulit. Ditambah pula dengan ulasan tips belajar mengemudi mobil berikut ini, latihan Anda tentu akan menjadi lebih terarah sehingga akhirnya Anda menjadi cepat mahir dan lihai dalam mengemudi dan mengendari mobil.

Biasakan berdoa sebelum menjalankan kendaraan.

Berlatihlah dulu ditanah lapang. Cari tempat lapang di daerah Anda, bisa lapangan, lahan kosong, dll. Pelajari teknik dasar seperti menyalakan dan mematikan mesin. Menjalankan mobil maju dan mundur, belok kanan, belok kiri. Buatlah juga variasi latihan dasar yang kompleks agar Anda cepat mahir menyetir mobil. Jangan hanya berputar-putar saja dilapangan. Misalnya berlatih perpindahan gigi antara gigi 1, gigi 2, dan gigi 3 hingga lancar. Buatlah garis untuk berlatih berjalan lurus. Buat juga pathok penanda untuk belajar mengepaskan badan/bodu mobil saat berbelok maupun parkir.

Lancarkan memindahkan gigi pada mobil manual. Para pengendara pemula umumnya belum lancar dalam memindahkan perseneleng gigi. Ada yang masih berfikir sebelum memindahakan gigi. Ada yang masih melihat ke arah perseneleng. Tentu hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Kasus lain, ada yang lupa menginjak kopling. Semua itu tentu dapat membayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jika sudah terbiasa, memindahkan gigi tentu akan menjadi reflek tanpa perlu berpikir terlebih dahulu.

Latihan memarkirkan mobil sendiri. Carilah tempat-tempat yang menurut Anda cocok untuk latihan parkir mobil. Ada beberapa jenis parkir mobil yang sebaiknya Anda kuasai. Anda dapat berlatih memarkir mobil misalnya dengan posisi maju, posisi mundur, parkir serong, ataupun parkir horizontal yang biasa dilakukan ditepi jalan. Jika Anda sudah bisa, tambahkan sedikit tantangan dengan memarkir di medan yang menanjak. Dengan berlatih memarkir Anda, feeling dan kira-kira Anda dalam menempatkan mobil melalui kaca spion akan terlatih.

Ada baiknya mengenal lebih dalam lagi tentang cara kerja kopling dan gas mobil Anda. Carilah medan yang sedikit menanjak, dan latihlah feeling Anda agar mobil tidak mundur ke belakang, tanpa Anda menekan pedal rem maupun menarik tuas rem tangan. Berusahalah mobil stabil tetap diam, hanya dengan bermodal pedal kopling dan pedal gas. Teknik ini akan sangat berguna nantinya. Yang perlu diingat lagi, jangan pernah melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikan gigi di nol karena mobil pasti akan melonjak.

Berilah tubuh dan pikiran Anda istirahat dengan tidur yang cukup sebelum Anda menyetir kendaraan. Selalu ingat pula untuk menghindari konsumsi obatan-obatan dan minuman beralkohol saat hendak pergi mengemudi.

Bagi para pemula sangat penting untuk memilih mobil yang tepat. Maksudnya begini, boleh saja Anda memilih mobil pick up untuk belajar menyetir mobil. Mobil pick up memiliki bodi yang kecil, Anda tentu akan lebih mudah mengemudikannya. Selain itu untuk belajar parkir mundur mobil pick up memberi Anda keleluasaan untuk melihat ke belakang. Namun ketika Anda berganti mobil yang berukuran lebih besar dan tidak memberi keleluasaan untuk melihat kebelakang, tentu Anda akan mengalami kesulitan. Berbeda jika Anda dari awal belajar mobil dengan bodi besar seperti Kijang Panther atau Toyota Innova. Ketika Anda sudah terampil, berganti ukuran mobil yang lebih kecil tentu akan sangat mudah bagi Anda. Itu hanya sekedar gambaran sebagai bahan pertimbangan, keputusan tentu terserah Anda.

Pilihlah rute atau jalanan yang sudah Anda kenal. Dengan medan yang sudah Anda ketahui tentu memudahkan Anda dalam mengemudi. Anda tau dimana ada lampu lalu lintas, ada persimpangan, ada jalan berlubang, tau juga dimana tempat berputar arah. Medan jalanan yang sudah Anda kenal akan membuat Anda lebih aman dan tenang dalam berkendara.

Biasakan wajib mengendalikan stir kemudi dengan 2 tangan. Sekalipun Anda telah masih, jangan biasakan menyetir dengan satu tangan saja kecuali saat Anda memindahkan perseneleng gigi. Setelah itu? Kembalikan tangan kiri Anda ke kemudi. Menyetir dengan satu tangan saja sangat berbahaya, apalagi jika mobil belum power stearing. Itulah mengapa dilarang menyetir sambil menerima telepon. Selain dapat mengganggu konsentrasi, kekuatan satu tangan tidak akan cukup kuat jika sewaktu-waktu akan banting setir.

Lepaskan alas kaki untuk kenyamanan. Ini yang saya lakukan dengan kaki saya ketika menyetir mobil, yaitu dengan melepas alas kaki. Tanpa alas kaki, saya lebih mudah dalam menginjak dan mengatur tekanan pada pedal-pedal, baik pedal gas, pedal rem, maupun pedal kopling. Cara ini juga cocok diterapkan untuk pengemudi pemula, dengan melepas alas kaki, kaki Anda akan terlatih untuk mengenali mana pedal gas, pedal, rem, dan pedal kopling. Pengendara pemula sering tertukar saat menekan pedal gas dan pedal rem. Berhati-hatilah.

Atur posisi kursi. Sesuaikan dengan ukuran badan Anda. Atur juga kaca spion kanan dan kiri, serta kaca spion tengah sesuai dengan posisi duduk Anda. Buat senyaman mungkin, baik posisi duduk, maupun pandangan Anda melalui kaca spion. Jika Anda ingin mendengarkan radio atau CD, sebaiknya setel sebelum Anda memulai perjalanan. Menyeting hal-hal seperti itu saat kendaraan telah berjalan akan berbahaya.

Lupakan cara mengendarai sepeda motor. Mengendarai mobil tentu berbeda dengan mengendarai sepeda motor. Sepeda motor memiliki bodi yang ringkas, dan tidak memakan banyak tempat. Anda harus lebih berhati-hati saat menyalip, jangan memaksakan diri jika ruang yang tersedia terlalu sempit. Jika Anda ragu untuk mengambil jalan saat hendak menyalip, sebaiknya jangan menyalip. Anda juga harus mengalah terhadap kendaraan dengan jumlah roda lebih sedikit, seperti bemo, bajai, becak, sepeda motor, maupun sepeda onthel.

Biasakan diri Anda dengan kaca spion. Jika ingin berbelok/pindah jalur/menyalip biasakan untuk selalu menyalakan lampu sein dan melihat spion terlebih dahulu. Saat diperjalanan kadang-kadang awasi juga sisi kiri mobil agar tidak menyerempet pengendara motor atau kendaraan lain di sisi kiri mobil.

Yang terutama fokuslah ke arah depan jika Anda sedang mengendarai mobil ke arah depan. Melihat ke arah spion samping maupun belakang memang penting untuk mengetahui keadaan sekitar, namun jangan terlalu lama terpaku dengan kaca spion demi keamanan berkendara Anda. Begitu juga jika Anda sedang berjalan mundur, fokuslah dengan kaca spion atau kaca belakang Anda dan jangan terlalu lama terpaku dengan kaca depan.

Biasakan jaga jarak antara mobil Anda dengan kendaraan yang di depan Anda. Hal ini sangat penting, untuk mengantisipasi kendaraan yang mengerem mendadak. Apalagi jika Anda masih dalam kategori pangendara pemula. Reflek Anda mungkin belum cukup baik untuk mengantisipasi keadaan tersebut.

Jangan menyetir melebihi batas kecepatan normal dan juga sesuaikan dengan kondisi lalu lintas saat itu. Ketika berjalan dengan kecepatan tinggi, Anda akan sulit mengantisipasi jika ada hal-hal buruk yang terjadi. Misal saat ban mobil Anda pecah. Atau saat ada lubang yang cukup dalam dijalan yang Anda lintasi. Melewati lubang dengan kecepatan tinggi dapat membuat setir berbelok sendiri. Apalagi jika cuaca hujan. Ada tidaknya lubang tidak akan terlihat karena jalanan dipenuhi genangan air. Membawa mobil dengan kecepatan tinggi bagi pemula juga kurang baik, terutama saat melewati jalan yang berbelok-belok, jalan yang berpasir, jalan basah yang licin akibat hujan,

Pastikan untuk tidak melanggar peraturan teknis, dan jangan sekali-kali melanggar peraturan lalu lintas. Demi keamanan dan kenyamanan Anda dan para pengendara lain di sekitar Anda. Berkendaralah dengan sabar. Dan pada saat Anda dan orang-orang didalam mobil sedang turun, baik saat beristirahat, maupun saat sampai di tujuan, jangan pernah untuk meninggalkan barang-barang berharga dalam mobil. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan maupun hal-hal lain yang tidak diinginkan. Begitulah tips belajar mengemudi mobil manual untuk pemula. Bagi Anda yang sedang belajar mengemudi mobil, semoga tips ini membantu. Dan bagi Anda yang masih bingung, silahkan bertanya dikolom komentar. Mari bagikan pengalman Anda agar lebih banyak teman-teman terbantu dengan cerita-cerita Anda. Terimakasih.

Tips Belajar Mengemudi Mobil Manual. Pemula! Tips Belajar Mengemudi Mobil Manual. Pemula! Reviewed by Mbah Gimbal on 3:12 PM Rating: 5

40 comments:

Youdie107 said...

Mau nanya...kapan kita hrs memutar setir (patokan kita) ketika mau belok, baik jalan maju atau pun jalan mundur yang ada belokannya....terimakasih

the mission said...

Boleh gak kalo mata minus bljr nyetir?

Admin said...

@youdie107 : Menurut saya tidak ada patokan bakunya mas. Kalo saran saya, lebih baik mas sering-sering latihan. Gunakan mobil yang sama. Dan ambil medan yang banyak belokannya. Latihannya yang rutin. Ntar lama-lama pasti dapet deh feelingnya. Perbanyak jam terbang di medan yang berbelak belok, khususnya di jalan sempit.

@mission : Boleh aja mas. Selama itu tidak mengganggu Anda dalam mengemudi. Pada beberapa kasus, mata minus berpengaruh pada pandangan malam hari. Bagaimana dengan Anda? Intinya mengemudilah dengan aman. Aman bagi Anda dan bagi orang disekitar Anda.

Admin said...

@youdie107 : Saat belok, yang penting diperhatikan ialah kurangi kecepatan. Perhatikan pula, saat ada belokan ke kiri, saat mendekati belokan, posisikan mobil lebih ke kanan. Nah sebaliknya juga jika belokan ke kanan. Tempatkan mobil lebih ke kiri saat mulai mendekati belokan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membelokan mobil. mengurangi resiko badan mobil membentur pembatas. Misalnya saat melewati belokan yang berupa jembatan pada jalur sempit seperti gang.

Ahmad sopian said...

Sya mau nanya gmna sih cara menyetir di tanjakan yg curam agar mobil tak mati

Anonymous said...

Bgm tips ngatasin mesin dan mobil ktk kita berhenti di jln tanjakan, misal lampu merah, agar ketika mau jalan, mobilnya ga mundur banyk... ihhh biasanya bikin ngeri dan grogi krn takut nabrak kendaraan di belakang. trimaksih.

Zona Keren said...

bagaimana cara efektif untuk parkir di area yang menanjak atau tidak datar?

Lukman Kato said...

Jika berhentinya lama maka pakai hand rem, saat akan jalan masukkan gigi 1 coba bergerak perlahan sambil lepaskan hand rem.
Jika berhentinya tidak lama bisa pakai 1/2 kopling + 1/2 gas (latihan dg feeling spt keterangan di atas)

Lukman Kato said...

Jika berhentinya lama maka pakai hand rem, saat akan jalan masukkan gigi 1 coba bergerak perlahan sambil lepaskan hand rem.
Jika berhentinya tidak lama bisa pakai 1/2 kopling + 1/2 gas (latihan dg feeling spt keterangan di atas)

Danuri Utami said...

Saya akan mendapat invetaris mobil kantor, tapi kalau lihat keseharian kerja saya tak banyak waktu untuk belajar mobil kecuali weekend. Jika hanya belajar weekend kira2 akan berapa lama saya bisa menyetir? Terima kasih

miratun solikhah said...

Sy sdg kursus mbl dn sdh berjln 12 kali latihan,satu kali latihan 1 jam tp sy msh blm bisa2 terutama melatih feeling agar bs pas saat mengemudi dn bgm membangun mental agar berani, mksh sblmnya

Imam said...

Pada saat berhenti jalan menanjak, mendingan lepas hand rem dulu sambil pelan2 main kopling dan gas, atau kopling dulu baru hand rem dilepas?

Kredit Mobil Nissan Datsun said...

Informasi yang sangat berguna. Kalau ydah bisa nyetir, jangan ngebut-ngebut yaa nyetir. Tetap hati-hati saat berkendara. Terimakasih banyak untuk pengetahuan nya.

rental mobil 2015 said...

Ya memang benar, bahwa sebelum belajar mobil apapun mau matic ataupun manual sebaiknya pahami dulu teori-teori berkendara. Karena itu lah yang akan menjadi panduan dalam berkendara. Tahun 2015 ini banyak orang yang langsung mencoba belajar mobil tanpa tahu teorinya, itu harus dihindari karena bisa membahayakan. Mungkin terlihat sepele, tapi itu sebenarnya hal yang penting. A

Jamal Ismail said...
This comment has been removed by a blog administrator.
arya gumilang said...

Waduuuuhh....gkg bsa2 e...

arya gumilang said...

Waduuuuhh....gkg bsa2 e...

Antonis Ekor Kuning said...

Ini mas klau di tanjakan...klau di kopling pasti mundur..... cara mengatasinya g mana

Mbah Gimbal said...

@Ahmad sopian : Agar mobil tidak mati di tanjakan yang curam? Caranya adalah perpaduan yang harmonis antara kopling dan gas. Biasanya yang menyebabkan mesin mati saat ditanjakan yang curam adalah karena kita terlalu pelan menginjak gas. Gas yang terlalu kecil bikin mesin mobil jadi mati. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah berlatih di medan yang menanjak tapi cukup sepi, jadi aman. Sering-seringlah berlatih, misalnya setiap sore. Sebentar saja pasti ada kemajuan. Rasakan dengan hati setiap kita menginjak pedal gas, rem, dan kopling. Semangat!

@Anonymous : Agar gak mundur ya? Hal ini saya juga mengalami. Kadang merasa kurang PD setelah berhenti di lampu merah, dengan kondisi medan yang sedikit menanjak, takut mobil melorot saat melepas rem. Cara mengakalinya adalah, biasanya saat dilampu merah saya menggunakan rem tangan. Nah ketika sudah hijau, saya sedikit injak gas dan kopling setengah. Lalu dengan santai, saya lepaskan rem tangan perlahan dan disaat yang bersamaan saya lepaskan pula pedal kopling pelan-pelan. Pasti mobil gak ada mundur. Langsung maju dengan mulus. Tapi ingat, gas nya jangan terlalu besar, tapi jangan terlalu kecil. Butuh sedikit latihan buat menguasainya. Coba dulu ditanah lapang bro. Pasti bisa kok!

@Zona Keren : Cara efektif parkir mundur dan menanjak adalah dengan fokus memperhatikan spion kanan, kiri dan tengah, dan yang terutama juga harus diasah adalah kemampuan sinkronisasi antara gas dan kopling. Kalau kamu sudah terbiasa main gas dan kopling tugas untuk parkir mundur dan menanjak tentu akan jadi lebih mudah. Gimana cara biar bisa injak kopling dan gas yang tepat? Tidak ada cara lain selain berlatih bro. Latihan di tanah lapang yang miring bisa dijadikan ide bagus!

@Lukman Kato : Benar sekali mas Lukman Kato. Terimakasih sudah membantu teman-teman yang lain.

@Danuri Utami : Kalau berapa lama itu tergantung bro. Yang paling penting adalah niatan untuk belajar. Dari niat yang kuat tentu kegiatan belajar mengemudi menjadi menyenangkan. Tinggal berlatih dan selalu asah feeling untuk "menjinakan" pedal gas, rem, dan kopling. Pasti cepat bisa deh!

@miratun solikhah : Tetap semangat mbak... Pasti bisa. Agar feeling cepat terasah, lebih baik sering latihan saja. Diluar jam kursus juga sebaiknya latihan sendiri. Dan yang terpenting adalah jangan gonta ganti mobil. Karena setelan masing-masing mobil itu berbeda-beda. Biasakan benar-benar memahami apa yang hendak dilakukan, lalu resapkan ke dalam hati dan pikiran. Pasti lama-lama feeling Anda akan jalan sendiri. Lalu untuk masalah keberanian, mungkin bisa melihat teman-teman lain, baik yang wanita, ibu-ibu, bahkan orang cacat saja bisa berani mengemudi di jalan. Jadi pasti kita juga bisa. Apalagi mengemudi itu menyenangkan kok. Apa sih yang perlu ditakutkan? Pengendara lain kan tentunya juga ingin selamat? Hehehe. Berpikir positif saja... Semangat!

@Imam : Kalau saya pribadi pilih yang ... rem tangan masih aktif. Kaki kiri injak kopling penuh. Lalu kaki kanan injak gas yang kira-kira tidak terlalu kecil, tapi tidak membuat mobil melonjak saat rem dilepas. Gas sudah oke? Selanjutnya, gas masih tetap segitu, nah disaat yang bersamaan saya lepaskan rem tangan dan pedal kopling secara perlahan. Santai saja dan perlahan. Sambil dirasakan, mobil maju? Atau seperti kekurangan tenaga? Nah disini kita sesuaikan saja gas nya. Perlu tambah gas, cukup, atau kurangi gas? Sip kan?

Mbah Gimbal said...

@Kredit Mobil Nissan Datsun : Benar sekali. Baik untuk yang masih belajar maupun yang sudah mahir, sama-sama harus tetap berhati-hati dijalan. Ingat, keluarga menunggu dirumah... Dan jangan bahayakan lingkungan kita juga. Terimakasih.

@rental mobil 2015 : Benar sekali. Teori tanpa praktek, jelas tidak tepat. Tapi praktek tanpa landasan teori terlebih dahulu juga sepertinya kurang afdol. Hehehe.

@arya gumilang : Gak bisa-bisa? Jangan patah semangat! Terus berlatih. Saya bisa, Anda pasti juga bisa dong!

@Antonis Ekor Kuning : Benar sekali, ditanjakan, kalau dikopling pasti mundur. Ya karena kopling kan menenggelamkan gas. Biar tidak mundur ya jangan dikopling. Anda bisa mencoba belajar bermain perpaduan antara gas dan kopling. Latihan bisa dilakukan di jalan yang menanjak. Anda bisa mencoba berbagai macam keadaan, dan coba amati bagaimana reaksinya. Hal ini penting agar Anda bisa mengambil tindakan yang tepat saat berada di tanjakan. Selain permainan antara gas dan rem, sangat baik jika Anda juga belajar menggunakan hand rem dan memadukannya dengan permainan gas dan rem. Tetap relax saat berlatih dan jangan mudah menyerah! Semangat!

wahyu said...

info yang sangat bermanfaat bro...

Jeng Admin said...

Thx gan

Ham Bally said...

Mkasih bnyak ya gan info... bagus banget nii forum banyak kasih kita pelajaran semoga phala agan agan bertambah. Amin.

Firdaus Zanuar said...

Bisa karena terbiasa.... Semangat hehehehe

agatha said...

sekedar sharing, saya pemula, hal yang paling sering ditakutkan yaitu ketika keluar dari gang dan mau masuk jalan raya,atau ketika mau belok dijalan raya apalagi kalau ga dibantu diaba2in sama pak ogah, suka nervous, haha

sewa dump truck said...

wah boleh nih saya belajar, soalnya saya mau coba belajar menyetir dump truck. Latihan awalnya belajar naik mobil biasa dulu. Semoga cepet bisa lancar deh belajar naik mobilnya

fauziahhuruhin hurunin said...

@ mbah gimbal.. thank you ya.
Dan alhamdulillaah skrg sy dah bisa.... hehhe.
Udah ga grogi lg deh.
Mmg benar hrus bnyk dan sering latihan.
Ala bisa karena biasa. Practising makes perfect. :)

fauziahhuruhin hurunin said...

Ini pertanyaan kmrn sy yg nanya :) :
Bgm tips ngatasin mesin dan mobil ktk kita berhenti di jln tanjakan, misal lampu merah, agar ketika mau jalan, mobilnya ga mundur banyk... ihhh biasanya bikin ngeri dan grogi krn takut nabrak kendaraan di belakang. trimaksih.

Anonymous said...

@fauziahhuruhin hurunin
kejadian yg mbak alamin semua org juga pernah ngalamin. cara aman sih pake hand brake saja,klo mau jalan ya jalan seperti biasa sambil release hand brake nya. pasti aman mbak.. hehe, klo dah master baru deh 1/2 kopling 1/2 gas tpi jangan kelamaan, bakal cepat aus ntar kanvas kopling. terserah mau pilih yg mana.

bkrentcar said...

Untuk pemula memang sebaiknya belajar dari yang paling mudah dulu yaitu mobil matic. Baru setelah bisa dan lancar beralih ke mobil manual sehingga suatu saat apabila dalam keadaan tertentu terpaksa menggunakan salah satu pilihan mobil matic atau manual bisa keduanya. Namun tentu ada perbedaan karena itu harus dibiasakan untuk mengemudi dengan lancar dan baik.

Zhoenes Iskandar said...

Mobil manual agak susah dri pada matic kaya nya gmapang pemula manual ajha lama2 bisa yg ga bisa mundur hatus patokan ekor mobil harus pas itu paling susah

Perza F said...

minta saran ya, supaya ga ngeremnya ga ngejut itu gimana ya supaya ngerem santai aja.. mohon answernya ya abang hehehe

Perza F said...

minta saran ya, supaya ga ngeremnya ga ngejut itu gimana ya supaya ngerem santai aja.. mohon answernya ya abang hehehe

Aris Imka said...

Pas mo nikung. Bodi mobil sudah separoh atau setengah bodi mobil. Baru belok kanan...

Mu'arief Awab said...

Hal yg saya rasakan sama seperti kasus diatas, ketika sudah keluar gang masih ragu ngepasin mobil apalagi didepan ada mobil lain. Dan ketika macet dipertigaan atau perempatan mau berbelok itu masih ragu. Semoga dengan tips diatas dapat memberikan motivasi bagi pemula.

Miss Ayuk said...

Injak kopling penuh rem yg halus

ronal saputra said...

Bagaimana belajar di saat jalan pelan/macet..
Cara main kopling,gigi dan gas nya.. mohon info nya

bpk muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Lex Soft said...

Mungkin latihan stir 1 tangan perlu untuk perpindahan gigi. Tentu saja di track yg lulus dan sepi. Saya sdri dulu, dan sekarang istri saya saat pindah gigi, stir jadi miring karena belum kuat stir 1 tangan.
Tentu saja latihan ini hanya utk memudahkan saat perpindahan gigi nanti, bukan digunakan secara permanen di jalan raya.

Btw, saya tidak setuju dgn kebiasaan/perilaku melepas alas kaki utk injak kopling, rem dan gas. Seharusnya sudah harus melatih/membiasakan dgn alas kaki sejak dini, betapa pun sukarnya.

Pandji said...

msh agak takut

Powered by Blogger.