Cara Belajar Menyetir Mobil dalam 7 Hari. Terjamin!






Tips belajar menyupir mengendari dan mengemudikan mobil sendiri
Ketrampilan menyetir atau mengemudikan mobil sebenarnya wajib dimiliki oleh siapa saja, bahkan wanita sekalipun. Tentu akan menguntungkan jika ketrampilan menyetir atau mengemudikan mobil dapat menunjang pekerjaan dan karir Anda. Selain menjadi kebanggaan, tentu Anda akan lebih mudah dalam bepergian karena tidak perlu bergantung lagi dengan sopir. Anda juga dapat menghemat ongkos sewa sopir, terlebih saat hendak mudik lebaran. Paling tidak Anda harus merogoh uang jutaan rupiah hanya untuk biaya sopir. Agar dapat menyetir dan menguasai kemudi mobil dalam 7 hari, saya sarankan Anda untuk memiliki niat yang kuat, disiplin, dan harus mau bekerja keras. Sediakan mobil yang nantinya digunakan untuk latihan, sebaiknya pilih mobil dengan ukuran bodi yang besar seperti Kijang Innova, serta pilih yang masih menggunakan transmisi manual. Anda juga wajib mengajak seorang rekan yang sudah pandai mengemudi, bisa teman, saudara ataupun tetangga. Setelah itu siapkan 7 hari kosong untuk Anda belajar menyetir mobil, sebaiknya yang berurutan. Agar proses belajar mengemudi mobil yang Anda lakukan dapat berbuah maksimal. Simak tips belajar menyetir mobil untuk pemula berikut ini.

Hari pertama. Duduklah dibalik kemudi lalu belajar pengenalan kontrol dasar atas fitur dan fungsi-fungsi umum yang ada pada dashboard mobil. Pelajari hal-hal dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin mobil, cara menggunakan lampu sen, lampu jarak dekat, lampu jarak jauh, maupun lampu kabut, cara menggunakan wiper untuk menyeka kaca depan yang basah. Jika sudah paham, Anda dapat mempelajari teori umum tentang aturan dasar dalam mengemudi. Misalnya mengenal rambu-rambu lalu lintas, mengenal arti dari marka jalan, mengenal etika dalam berkendara, baik saat mendahului, penggunaan lampu dim, penggunakan klakson, dll. Pastikan di hari pertama Anda sudah paham tentang cara-cara menggunakan fitur di dashboard dan mengetahui etika umum dalam berkendara.

Hari kedua. Berlatih menyetir mobil di lapangan. Mintalah rekan Anda untuk membawakan mobil tersebut ke lapangan terdekat. Belajarlah untuk menghidupkan mesin, injak kopling, masuk gigi satu, lepas kopling perlahan sambil tekan gas perlahan sampai mobil berjalan perlahan. Berlatihlah agar mobil dapat berjalan mulus, tidak molonjak, apalagi mati mesinnya. Jika sudah berjalan, tekan kopling penuh, tekan rem, setelah berhenti pindahkan gigi ke netral dan matikan mesinnya, lalu nyalakan dan jalankan lagi, ulangi terus hingga lancar. Banyak sekali pemula yang kesulitan pada tahap ini. Sebagaian besar mesinnya mati, sebagian lagi mobil 'njundal' atau melonjak. Kuncinya ialah setelah masuk gigi satu, tekan gas JANGAN TERLALU KECIL tapi STABIL, lalu lepas kopling PERLAHAN dengan gas yang tetap ditekan STABIL. Pasti mobil akan berjalan perlahan dengan mulus. Ingat, jika gas terlalu kecil, mobil akan bergetar keras dan mesin jadi mati. Namun jika gas terlalu besar ditambah Anda tergesa-gesa dalam melepas kopling, mobil akan melonjak. Belajarlah dengan rileks namun tetap serius. Jika Anda sudah lancar menghidupkan dan menjalankan mobil, berputar-putarlah di lapangan. Pegang kemudi dengan rileks, posisi tangan jangan tegang. Berputar-putar dilapangan hingga Anda menjadi terbiasa dalam menyetir mobil. Belok kiri, belok kanan, mundur. Berlatihlah untuk berjalan maju ke depan dengan lurus. Jika dirasa sudah cukup, Anda dapat mencoba turun ke jalan gang yang tidak begitu ramai. Ingat, jika ada sesuatu di depan Anda latih refleks untuk menginjak kopling penuh lalu disusul dengan rem. Sehingga mobil berhenti namun tidak mati atau melonjak. Ini latihan hari kedua.

Hari ketiga. Sebagai pemanasan, Anda dapat berlatih kembali dilapangan. Namun, kali ini Anda yang membawa sendiri mobilnya. Tentunya untuk melewati jalan di gang. Jika melewati jalan besar, Anda dapat bertukar posisi dengan rekan Anda. Setelah melakukan pemanasan di lapangan, Anda dapat turun ke jalan dan berkeliling-keliling kompleks rumah Anda. Berhati-hatilah, jangan ngebut. Terutama jika jalanan gang di kompleks perumahan Anda ramai anak-anak dan orang berlalu lalang. Belajarlah untuk menaklukan medan di kompleks sekitar tempat tinggal Anda. Latihan ini baik untuk memperlancar Anda dalam mengemudi lurus, berbelok kanan, dan berbelok kiri. Biasakan untuk menggunakan lampu sen jika ingin berbelok. Berhati-hatilah saat berbelok di jalanan yang sempit. Bisa saja bagian belakang mobil menyerempet pembatas jalan. Biasanya berbelok ke arah kiri lebih mudah dari pada ke arah kanan, karena ketika berbelok ke kanan umumnya kita memotong jalan oengemudi lain dari arah yang berlawanan. Pastikan dihari ketiga Anda sudah bisa menaklukan jalanan di kompleks tempat Anda tinggal.

Hari keempat. Belajarlah untuk menaklukan medan yang menanjak, yaitu pelajari bagaimana caranya menahan mobil agar tetap stabil dan tidak mundur baik dalam keadaan berhenti diam maupun saat merayap di medan yang menanjak. Carilah daerah menanjak yang cukup sepi agar Anda dapat berlatih dengan leluasa di sana. Ketika berada ditanjakan, dengan situasi macet, tentu Anda tidak dapat hanya mengandalkan rem kaki untuk membuat mobil tetap jalan dengan stabil. Jika Anda memaksakan menggunakan rem kaki saja, kaki kanan Anda akan kesulitan saat ingin berpindah dari pedal rem ke pedal gas. Besar kemungkinan mobil Anda akan melorot mundur. Oleh karena itu Anda perlu berlatih teknik menahan mobil agar tetap stabil dan tidak mundur saat macet di tanjakan. Ada 2 teknik yang dapat digunakan, yang pertama yaitu menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni bermain kopling dan gas. Dengan cara yang kedua, Anda dapat menahan mobil agar tidak mundur ditanjakan saat jalanan macet tanpa menggunakan rem kaki maupun rem tangan. Anda hanya perlu memainkan kopling dan gas dengan pas. Pastikan dihari kelima Anda sudah mendapatkan gambaran untuk melakukan trik ini. Seringlah berlatih teknik ini dan asah feeling Anda. Cara ini sangat membantu ketika Anda berada di medan yang menanjak dan macet merayap.

Hari kelima. Setelah Anda mengerti bagaimana cara menaklukan medan menanjak dengan permainan gas dan kopling, sekarang saatnya Anda belajar untuk memarkir mobil. Banyak orang mengatakan bahwa memarkir mobil ialah hal yang sulit. Tidak perlu berkecil hati, percayalah dengan tekad dan kerja keras Anda semua akan dapat dilalui. Pertama, belajarlah untuk memarkir mobil Anda secara mundur ditempat parkir biasa. Jika Anda sudah menguasai, pelajarilah teknik memarkir secara horizontal. Maksudnya gaya parkir secara urut-urutan yang biasa Anda lihat ditepian jalan. Bagi pemula, biasanya teknik ini akan terasa sulit. Namun dengan rajin berlatih, Andapun juga akan terbiasa. Selanjutnya kombinasikan dengan memarkir baik parkir mundur maupun horizontal namun di medan yang menanjak. Pastikan dihari kelima Anda minimal sudah menguasi parkir mundur.

Hari keenam. Jika Anda sudah dapat memenuhi target harian dihari-hari sebelumnya, saya rasa Anda sudah layak untuk belajar mengemudi di jalan raya. Ajak rekan Anda untuk menemani Anda belajar mengemudi di jalan besar. Gabungkan semua ilmu yang sudah Anda pelajari di hari sebelumnya. Buang jauh-jauh rasa tegang. Mengemudilah dengan relaks. Praktekan etika berkendara yang Anda pelajari dihari pertama. Jika Anda belum terbiasa, Anda dapat memulai dengan kecepatan rendah dahulu. Jangan merasa panik atau malu bila banyak kendaraan yang mendahului Anda. Tenang saja. Sebaiknya fokus ke arah depan. Jangan terlalu memperdulikan kendaraan dibelakang Anda. Jika mereka dapat menyalip dan mendahului Anda, pasti mereka akan melakukannya. Jadi jangan merasa tidak enak jika banyak kendaraan mengantri dibelakang Anda. PD dan tetaplah memeperhatikan ke depan. Cobalah dengan beberapa kecepatan. Berlatihlah memindah-mindahkan gigi. Oper dari gigi satu ke dua, lalu ke tiga. Kemudian turun lagi. Itu saja sudah cukup untuk pencapaian hari keenam. Tidak perlua sampai ngebut-ngebut.

Hari ketujuh. Sebenarnya sampai hari keenam saja, Anda sudah dapat mengendarai mobil sendiri. Hari ketujuh saya berikan sebagai hari tambahan. Jika ada bagian yang masih terasa sulit, Anda dapat berlatih lagi di hari ke tujuh ini. Keluarkan sendiri mobil Anda dari garasi, kendarai dan kemudikan mobil Anda ke tempat yang Anda inginkan. Tentukan sendiri jalurnya. Sering-seringlah berlatih, karena kemampuan Anda akan meningkat seiring jam terbang yang semakin tinggi. Jangan ngebut, berlatihlah untuk mengemudi dengan kecepatan yang stabil, itulah salah satu cara mobil hemat BBM. Itulah cara belajar menyetir mobil dalam 7 hari. Jangan lupa juga untuk selalu mengawali latihan serta kepergian Anda dengan doa. Bagaimana dengan Anda? Punya cerita seru saat sedang belajar mobil? Atau punya pertanyaan seputar cara belajar setir mobil? Mari bagikan kepada kamia melalui kolom komentar. Terimakasih.

Cara Belajar Menyetir Mobil dalam 7 Hari. Terjamin! Cara Belajar Menyetir Mobil dalam 7 Hari. Terjamin! Reviewed by Mbah Gimbal on 9:53 PM Rating: 5

142 comments:

zona keren said...

Bagus sekali tutorial belajar menyetir mobilnya. Memang pertama2 agak ribet, kalau udah terbiasa dan mulai rileks menyetir juga jd lebih enjoy. Thanks :)

Danuri Utami said...

Terima kasih atas pelajarannya, kalau saya tidak punya waktu 7 hari berturut-turut kora akan bisa menyetir berapa lama?

ulfa handayani said...

Thanks byk atas penjelasanya,semenjak sya menyerembet motor perasaan jd grogi nih mo bljr lg..msh terasa tegang hehehe

Dato selalu said...

trimakasih info nya yang penting kita yakin dan serius saat latihan insya Allah selamat dan bisa dan saya pribadi baru belajar menyetir langsung di jalan raya bogor padahal sebelumnya saya belum pernah membawa mobil menghadapi jalan raya seperti itu tpi alhamdulilah dengan niat yg ikhlas kita akan bisa

muhammad sholeh said...

Gun, jka tinggi badannya 152 cm. Bsa gk mmgemudikan mobil ?

muhammad sholeh said...

Gun, jka tinggi badannya 152 cm. Bsa gk mmgemudikan mobil ?

Anonymous said...

@muhammad sholeh
mna bsa gan krna org yg trlalu pndek dudukny jdi maju bnget dan itu berbahaya krena trlalu dket sm kaca dpan

Anonymous said...

@muhammad sholeh, bisa kq.. temen aku tingginya cuma 150 dan perempuan pula, fia udah kemana2.. yg penting ada niat dan usaha dan yg penting yakin kl bisa..

syarifuddin ragil said...

Lek dalane mudun iku sing di mainke opo ae kang etmin? :D aku bingung

Pipin Amalia said...

AlhamdulillaH aq udaH bs mngemudikn mobil sndiri.. Berkat tutorial blog ini

Bang John said...

@Danuri Utami : Tergantung bro, kalau ternyata Anda cepat menyesuaikan diri terhadap kemudi mobil dan memang Anda berbakat, ya berarti tidak membutuhkan waktu lama. Cuma untuk menjadi mahir dalam mengemudi tetap harus membutuhkan jam terbang yang tinggi ya...

@ulfa handayani : Gak apa2 mbak ulfa. Hal itu wajar kok. Namanya aja baru belajar, dan berbuat salah yaitu dengan menyerempet. Berikan toleransi kepada diri sendiri mbak, lalu bangun kembali rasa percaya diri yang sempat rontok, jadi mbak ulfa bisa kembali belajar mengemudi agar cepat lancar. Bisa mengemudi sendiri banyak keuntungannya lho mbak...

@Dato selalu : Selamat bro... Sudah berhasil melewati tantangan belajar di jalan raya. Semoga mengemudinya semakin lancar ya. Jangan lupa, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan hati-hati dijalan ya...

@muhammad sholeh : Menurut saya pribadi sih tetap bisa bro... Bisa banget malahan. Yang penting kamu nyaman aja dalam mengemudi sehingga tidak membahayakan diri, penumpang, dan orang lain. Jangan batasi diri hanya karena masalah tinggi badan. Coba kamu browsing deh, cari "Nick Vujicic". Dia cacat, tapi bisa mengemudi. Asal ada niat, pasti bisa!

@syarifuddin ragil : Kalau jalannya menurun? Ya tergantung situasi bro. Misal kalau jalannya sepi, yah masuk gigi 3 aja, tidak usah di gas, kadang kasih rem dikit-dikit agar lajunya tetap terkontrol. Tapi kalau jalanan rame, ya banyakin main di rem aja bro. Kalau benar-benar padat dan macet, berarti mas bro harus belajar pakai rem tangan (hand rem) biar kaki gak capek. Yang jelas macet dijalan menurun lebih mudah dari pada dijalan menanjak. Karena habis lepas hand rem, mobil udah jalan sendiri jadi mesin gak mati, itu kelebihan kalau medannya menurun. Perbanyak jam terbang bro, cari jalan turunan yang masih sepi buat belajar. Kamu pasti bisa!


@Pipin Amalia : Syukurlah mbak Pipin. Saya senang sekali mendengarnya... Jangan lupa perbanyak jam terbang biar kamu makin mahir dan tentunya harus selalu hati-hati di jalan ya... Sekali lagi SELAMAAAAT...

syafei said...

Bagaimana cara putar balik arah? Penyebab mesin mati saat belajar mengendari apa saja?

Jeng Admin said...

Gimana cara mudah putar balik mobil? Misal mas bro mau putar balik ke kanan, cara paling mudah yaitu mas bro agak menepi ke kiri, tujuannya supaya ruang beloknya jadi lebih luas. Setelah siap, putar penuh kemudi ke arah kanan. Gas pelan-pelan,dan lihat mobil mu akan berbalik arah. Belajar dulu aja di lapangan mas bro. Mudah kok!

Yang sering bikin mesin mobil matii pas latian biasanya kita kurang berani neken gas. Karena gas terlalu kecil, mesin jadi mati. Perbanyak jam terbang bro, nanti lama-lama pasti akan terbiasa.

Jamal Ismail said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Jeng Admin said...

Sama sama, thx juga buat komennya@zona keren

Jeng Admin said...

@Danuri Utami asal rutin dalam latihan aja mas, pasti bisa segera menguasainya..yang penting rajin dan rutin latihan

Jeng Admin said...

Memang kalau baru saja mengalami kecelakaan akan ada dampak grogi atau tidak percaya diri, tapi lama kelamaan keadaan Anda akan pulih seiring berjalannya waktu mba, dan perlu diingat harus tetap berhati hati dan tetap konsentrasi dan patuhi rambu lalu lintas

Jeng Admin said...

Sipp mas..thx sharingnya

Jeng Admin said...

Sipp mas..thx sharingnya

jalanku untukmu said...

Makasih banyk tutorial y
:-)

Danu Mara said...

Nah klo yg ini nih singkat padat dan jelas,

Dadik Harianto said...

Terima kasih infonya bermanfaat bgt.. ingin belajar mengemudi tapi takut dpan rumah lgsung jln raya..dan gak ada yang melatih unt belajarnya..hehehe

Anonymous said...

Buat masta2 semua, sorry ane newbie and pemakai matic rencana mau murtad ke manual. Ane jd bingung nih gan, kalo pake gigi rendah untuk situasi apa aja ya? And kalo gigi tinggi juga pas apa aja?
Suwun banget looh bt agan2 semua, sorry ane masih cengoh gan masalah manual

Mbah Gimbal said...

@jalanku untukmu @Danu Mara @Dadik Harianto : Terimakasih kembali teman-teman. Untuk mas Dadik, mungkin bisa minta tolong teman sekolah atau teman kerja atau tetangga rumah untuk mendampingi mas. Bisa minta tolong supaya mobil dibawa ke lapangan. Nanti disana Anda bisa mulai berlatih dengan lebih leluasa dan lebih aman tentunya. Terimakasih.

@Anonymous : Penggunaan gigi rendah dan gigi tinggi ya? Prinsipnya sama seperti mengendarai motor manual. Jadi gigi rendah ya baik digunakan untuk mengawali Anda mengendarai mobil. Bisa dimulai dari gigi 1, setelah kecepatannya ditambah bisa naik ke gigi 2, begitu seterusnya. Disesuaikan dengan medan. Jika pertama start langsung menggunakan gigi yang banyak tentu kasian mesinnya dan tentunya tidakb bertenaga. Seperti itu.

Devy mardyanni Hidayat said...

Baru aja belajar matic sm suami tiba2 salah injek gas bukan rem,untung masih kontrol jd ga knp2...msh deg2an,, masih trauma..pdhl kursus manual udh 3x pertemuan... jd down nih..msh gemeteran:(

Devy mardyanni Hidayat said...

Baru aja belajar matic sm suami tiba2 salah injek gas bukan rem,untung masih kontrol jd ga knp2...msh deg2an,, masih trauma..pdhl kursus manual udh 3x pertemuan... jd down nih..msh gemeteran:(

Amelia said...

Baru belajar juga nich, tadi di pertigaan ramai hampir nabrak bus pas mo belok kanan krn balas setirnya agak lama n panik >.< tapi berhubung pake mobil khusus ada tulisan latihan jadi cuma disenyum2in org2 -.-' agak takut jg nt klu bawa mobil gk ada tulisan latihan, memang bagus yang diajarin disini pertama dilapangan sepi saja ya, dan selanjutnya bagaimana udah dijelasin, terima kasih ya :)

Jeng Admin said...

Memang harus fokus dan konsentrasi mba supaya semua selamat. Tapi jangan ragu yah buat mencoba lagi..

Jeng Admin said...

Sippp.. memang awalnya harus di tpt aepi mba supaya bisa belajar debgan matang. Baru setelah mahir bisa terjun ke jalan raya

Aeikurniawan said...

Klo belajarnya pertama pakai pick up cary yg hidungnya lebih pesek ketimbng mobil stesion lain ky avanza xenia.. Jadi brubah jg g feelingnya kang admin?,, kan beda tu maen kira2 nya.. Ada yg bisa di jadikan acuan g?

Anonymous said...

Sy ibu2 baru belajar nyetir niyy kang admin.. Udah puter2 kota n jalanan naik turun. Yg jadi masalah adalah rasa takut ketika di lampu merah yang agak sedikit nanjak. Belum pas antara nglepas rem tangan gas dan kopling. Jd udah takut bayangan duluan. Mohon dijelasin semudah mungkin utk bs dipraktekan.

Hapsah Johan said...

Sy udh latihan dan udh agak sering menyetir tp malam hari pas jalanan sepi. Tp sampai sekarang saya masih belum berani klu siang apalagi klu pas jalanan lg ramai. Gimn supaya sy tdk takut2 bberkendara?

Rizwan Yustianda said...

Intinya berlatih itu jangan tegang,rileks aja,kalau tegang muncul rasa ketakutan dan akhirnya malah gugup dan gak akan berhasil . saya sendiri cukup 2 hari sudah bisa bawa mobil,bahkan langsung turun ke jalan besar tanpa ada rasa takut.mobil manual matic sdh saya kuasai semua,dan all size mau besar mau kecil jika sdh didalam mobil rasanya sama saja.

ricki yakub said...

saya baru kemaren belajar nyetir lgsung di jalan beraspal instrukturnya jago ngajarin,,,, mobilnya sering lonjak krn kopling trlalu cepat di lepas... makasih tipsnya

Unknown said...

Makasih tipsnya bermanfaat sekali.
Gan misalkan di jalan lurus tapi powerstering masih suka belok dikit itu karena orangnya apa pengaruh jalanya ya?soalnya udah bener" saya gak puter tapi masih aja belok dikit.

Eko Wahyu said...

Makasih tipsnya bermanfaat sekali.
Gan misalkan di jalan lurus tapi powerstering masih suka belok dikit itu karena orangnya apa pengaruh jalanya ya?soalnya udah bener" saya gak puter tapi masih aja belok dikit.

rifqi junaedi said...

Hahaha kemarin saya belajar dengan mobil kecil (agya manual) cuma sehari udah bisa dan berani ke jalan ramay .. ttpi giliran pas seminggu ga belajar dan nyoba bawa mobil bodi besar(kijang inova) malah seperti bawa kontener alias susah lagi .pusing deh pala berbi

deni permana said...

Terimakasih tips nya, nanti saya coba untuk kursus belajar nyetir nanti

Kereta Api Lokomotif Uap said...

untuk belajar di medan yang menanjak, kesulitannya adalah susah untuk mencari lokasi menanjak.
makasih tipsnya.

AVNI GROUP BALI said...

Sya skrg ad d jerman . Waktu d indonesia sya bsa nyetir wlw msh amatir.skrg suami blikan sya mobil merci a klasse manual.td pgi sya mncoba mobil sya brsama mertua. Tp krn nervous. Total bodoh g bs nyetir bgus.jlanx plan2 g smpai 40km pls gmn boar g grogi. Dsni jlananx sepi. Maklum biasa d indo supir kanan. Dsni supir kiri.bingung

AVNI GROUP BALI said...

Sya skrg ad d jerman . Waktu d indonesia sya bsa nyetir wlw msh amatir.skrg suami blikan sya mobil merci a klasse manual.td pgi sya mncoba mobil sya brsama mertua. Tp krn nervous. Total bodoh g bs nyetir bgus.jlanx plan2 g smpai 40km pls gmn boar g grogi. Dsni jlananx sepi. Maklum biasa d indo supir kanan. Dsni supir kiri.bingung

edi kunarto (081359245086) said...

Saya barusam belajar sudah agak sering , tapi belum bisa pede dg mobil di setir sendiri, mintol solusinya ?

Anonymous said...

saya 4 taun lalu belajar stir mbl manual dan allhamdullilah udh suka pulang bulak balik jkt tangerang bw sendiri, terus ke siniannya suami ganti mbl pake yg metik jd keenakan banget makenya ga pake gigi tinggal gas rem, skrng mao bw manual lg knp takut yah..gw takut lupa oper2 giginya hihi, gmn solusinya jeng admin...

bisnis me said...

Keren bgt tips nya. Sy udh kursus 6 x pertemuan tapi smpe skrng blm berani turun ke jalan raya. Masih ga PD. Gmn membangun rasa PD yaa..

inggi lhita said...

Treimz buat artikelnya pokoknya kerennnn dech, ,sepertinya aku jd tertarik ingin sekali mencoba belajar nyetir. Saya bersikeras bulan depan ingin belajar khursus nyetir. Terimakasih atas comentnya jadi penguat Semangat ku hehee

Nugraha Optik said...

Mkasih artikel nya bank admint sungguh sangat mmbantu khusus,bgi sya pemula.

nove hendri said...

Beneran ya mba??? Syukur jg, sukses utk mba-nya. Sy akan mncoba mmbawa mobil lg. 5 thn yal sdh belajar tp grogi2 terus akhirnya mundur aj mmbawa mobil. Sekarang jd kebutuhn mendesak lg utk bisa bawa mobil sendiri. Tq, mba...

nove hendri said...

Iya mba bisnis me... Sy sdh tmt kursus mobil 1x 5 thn yal, pas tmt gk berani2 jg. Skrg sy butuh kemahiran mmbawa mobil lg mba... Mendesak bangat. Ya sma permsalahan kita mba, mmbangun rasa PD saat mmbawa mobil itu. Ok, tq mba...

nove hendri said...

Iya mba bisnis me... Sy sdh tmt kursus mobil 1x 5 thn yal, pas tmt gk berani2 jg. Skrg sy butuh kemahiran mmbawa mobil lg mba... Mendesak bangat. Ya sma permsalahan kita mba, mmbangun rasa PD saat mmbawa mobil itu. Ok, tq mba...

elmiwati said...

info yang bagus, patut dicoba untuk yang mau belajar mobil seperti saya..

Anto said...

Tips buat pemula yg belajar mobil matic apa juga udah disusun artikelnya mas admin?! :)

Robi Ramdani said...

Mantap siap dicoba

Ariefa Refni said...

Pengen bisa nyeetir juga....

Aqiqah Tangerang said...

Terimakasih Banyak atas Tipsnya. Saya perlu 2 Tahun untuk berani menyetir sendiri. Intinya sing penting Wani.. dan ituh baru Saya dapatkan setelah 2 Tahun memiliki Mobil.. hehehe

Agung Jaya said...

Yg pengen bisa nyetir mobil ini tipsnya.

Agung Jaya said...

Yg pengen bisa nyetir mobil ini tipsnya.

Ain Salihah said...

Wahh jd pingin nyetir lg..

Deden said...

Di jalan tanjakan yg masih suka grogi. Apalagi berhenti tanjakan. Make rem tangan tapi masih lum temu caranya yg pas jr suka mundur. Jr stres apalagi klo lsg diklaksonkan mobil di belakang

Unknown said...

Sy sdg kursus nyetir sdh 8x prtemuan, instrukturnya blg kalo sy msh blm dpt apa2 apalg saat disrh belok msh muncul rasa takutnya pdhl sbnrny bs, tdk bnyk teori yg diberikn, cm hr prtama teori trus langsung praktek Di jln raya, bisa minta tipsny spy kursus nyetir sy tdk sia2? Mksh sblmx

Kania said...

Sy sdg kursus nyetir sdh 8x prtemuan, instrukturnya blg kalo sy msh blm dpt apa2 apalg saat disrh belok msh muncul rasa takutnya pdhl sbnrny bs, tdk bnyk teori yg diberikn, cm hr prtama teori trus langsung praktek Di jln raya, bisa minta tipsny spy kursus nyetir sy tdk sia2? Mksh sblmx

Unknown said...

Mksh atas tutorial bljr menyetir...

rudi hartono said...

Mksh atas tutorial bljr menyetir...

Unknown said...

Jadi kalo posisi ngebut mau oper gigi itu kita tinggal mainkan kopling ya gan bukan main rem

Anonymous said...

Saya takut belajar mobil karena menurut saya di kepala saya bayak sekali pikiran, yg kopling lah yg rem lah gas nya lah pejalan kaki dan pengendara skitar, belom lagi yg ngajarin juga bikin takut jadi pusing saya nangis terus tiap belajar. Saya muak

Evana Panpan said...

Sy baru 3x latihan, hari pertama dilapangan belajar maju mundur putar kiri kanan, hari kedua dan ketiga saya belajar dijalan umum yg sepi dengan jalan sempit dengan tanjakan, turunan tajam dan menikung. Alhamdulilah bisa sy lewati, mengoper gigi ditengah tanjakan. Tapi kendala yg sy hadapi sy selalu terkaget2 kalau berpapasan dengan mobil lain, terutama ditikungan, kadang sampe kagetnya ga kerasa meped terlalu pinggir. Gimana cara menghadapinya? Terus sy sangat kesulitan pas latihan diarea belokan bentuk segitiga, suka mati mesin terus.. boleh sy minta tipsnya?

Jasa desain rumah said...

Tipsnya sangat bermanfaat,kebetulan sy lg belajar nyetir, trims infonya

ade anis afrizal said...

saya suka di bagian " kalo emang mereka bisa mendahului mereka akan melakukannya" kadang suka panik kalo diklakson dari belakang karna terlalu konstan

lis fres said...

BeRmanfaat baget tulisannya, kebetulan sy lg mmperlancar stir mobil, mungkin krn latihannya ga berturut2 tiap hari, kadang seminggu bahkan sebulan sekali....hasilnya tdk bagus, memang sebaiknya kita hrs siapkan waktu luang setiap hari belajarnya, biar ga lupa lagi dn ilmu n skil yg sdh didapat sebelumnya berkesimbungan lancarnya.

Bahasa-Corner.com said...

Infonya bermanfaat sekali untuk yang sedang belajar mengendarai kendaraan roda empat.

Karina Wenny said...


Makasih infonya semoga berguna buat saja yang baru belajar
http://idr-news.blogspot.com
http://harianindonesiasport.blogspot.co.id
http://bekastrailer.blogspot.com/

Princess said...

saya masih belajar nyetir nih . tapi masih takut kalo di jalan yg sempit . pernah nyerempet motor orang. gimana ya caranya biar mahir nyetir di jalan sempit? minta saranny ya gan

Anonymous said...

Kalau di jalanan sempit saya nginjek kopling setengah aja gas gak di injek di jalanan macet juga gitu

Ainul said...

video belajar menyetir dengan mudah naaf gan. Saya mau berbagi video buat para pemula agar mudah dan gampang untuk menyetir

jual crystal x Bandar Lampung said...

Good morning salam sukses gan

Judi Poker said...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!

Poker Online
Agen Poker Online
PokerV
Poker uang Asli

Anonymous said...

nitip pasang backlink ya sob....
Agen Poker Terpercaya

Anonymous said...

artikel yang bagus sob....
Agen Poker Terpercaya

Hajar Jahanam said...

saya kagum dengan artikel ini banyak sekali yang berminat membaca artikel ini Hajar Jahanam Mesir

ryuviie said...
This comment has been removed by the author.
Ainul said...

video belajar menyetir mobil matic dan manual
Bisa di download

All Mns said...

ASSALAMMUALAIKUM..
BAGI IBU2 BAPAK2 YANG PENGEN BELAJAR NYETIR MOBIL..
BISA LANGSUNG HUBUNGIN DI NOMOR INI 081281208720.AL
CUKUP DENGAN BELAJAR 3JAM. ANDA SUDAH BISA BAWAH MOBIL SEPERTI HALNYA ORANG2 UMUM PADA BIASANYA. . .(JAMINAN KAMI UANG KEMBALI APABILA DALAM JANGKA WAKTU 3JAM ANDA TIDAK MAHIR MENYETIR)
MOBIL YG SAYA PAKE MOBILLIO.
UNTUK INFO LEBIH LANJUT ANDA BISA HUBUNGIN SAYA LANGSUNG.
WASSALAM.. ;)

All Mns said...

ASSALAMMUALAIKUM..
BAGI IBU2 BAPAK2 YANG PENGEN BELAJAR NYETIR MOBIL..
BISA LANGSUNG HUBUNGIN DI NOMOR INI 081281208720.AL
CUKUP DENGAN BELAJAR 3JAM. ANDA SUDAH BISA BAWAH MOBIL SEPERTI HALNYA ORANG2 UMUM PADA BIASANYA. . .(JAMINAN KAMI UANG KEMBALI APABILA DALAM JANGKA WAKTU 3JAM ANDA TIDAK MAHIR MENYETIR)
MOBIL YG SAYA PAKE MOBILLIO.
UNTUK INFO LEBIH LANJUT ANDA BISA HUBUNGIN SAYA LANGSUNG.
WASSALAM.. ;)

Anonymous said...

Makasih artikelnya sangat membantu sya yg baru shari td belajar nyetir mobil..sbnrnya sedikit kapok..takut..trauma..dr awal udh ragu dluan gk sreg sma t4 latihannya..pgnya di lapangan dlu mau nglancarin maju mundur belok injek gas kopling rem biar gk kaku..suami lgsg nurunin dijalan sepi sedikit ramai..alhasil waktu mobil mau puter belok kanan..tau2 mobil udah berasa terbang..naik ke trotoar agk tinggi..smpe ban kiri sobek..
Untung suami gk ngamuk2..ya salah dy sndri jg..maksain di jln..hihiii..
Tp msh penasaran dan pgn bner2 bisa..
Mudah2an artikel ini bsa jd panduan sya bljr menyetir mobil lg.

andro said...

kebetulan saya juga ingin belajar menyetir mobil semoga dengan tips diatas saya bisa menyetir mobil dalam 7 hari

sedot wc surabaya mampet said...

thanks of haring

kirim mobil said...

thanks for info

sedot wc surabaya timur said...

perlu di coba ini kayanya gan,,biar cepat bisa

Lex Soft said...

Admin,
Perlu diberikan panduan/tips untuk putar balik di U-turn, karena pasti akan sering menghadapi situasi ini.
Selain pengambilan posisi yg tepat, juga pemilihan gigi yg tepat (1 atau 2).
Kadang2 gigi 2 sudah cukup kalau mobil bermuatan 1 org saja, tapi kalau bermuatan 2 org atau lebih, wajib gigi 1.
Untuk latihan, coba di lapangan, simulasikan akan melalukan putar balik. Setelah dirasa cukup, bisa lanjut di jalan kompleks yg ada U-turn nya. Simulasi dgn asumsi ada pengendara lain yg melintas, dsb. Bila lulus, latihan di U-turn yg menanjak, simulasikan ada pengendara lain dari arah berlawanan (mata tetap awas pada pengendara motor yg berada di sisi belokan).

Lex Soft said...

Saran saya sih bagi pemula, bila memungkinkan, belajar pakai mobil matic dulu, agar bisa fokus di stir : lurus, belok kiri-kanan di tikungan, mundur, dsb di lapangan yg cukup luas.
Kalau langsung dgn mobil manual, perhatian terbagi : stir, kopling, gas, rem dan persneling.
Setelah dirasa cukup latihan stir mobil matic di lapangan, lanjut dgn mobil manual, tapi masih di lapangan. Selanjutnya seperti yg sudah dijelaskan penulis blog ini.
Itu yg saya lakukan untuk melatih istri saya.

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

denature indonesia said...

obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin

hghghg said...

thanks
atrtiel bermanfaat

M. Rifan Fajrin said...

Bagaimana pun, kunci keberhasilan dalam belajar menyetir mobil adalah mental/keberanian. Dan tentu saja terus menerus praktik/latihan.

Trims, artikel yang bermanfaat.

Powered by Blogger.