Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Mawar






Tips mudah dan sederhana menanam mawarTips mudah dan sederhana menanam mawar
Bagaimana cara mudah menanam bunga mawar? Banyak orang yang masih belum tau cara menanam dan merawat bunga mawar yang benar. Saya yakin, hampir semua orang mengetahui akan keindahan bunga ini. Warnanya yang menarik, beragam, bentuknya kelopak bunganya yang cantik, serta aromanya yang harum membuat semua orang yang melihatnya sangat mengagumi keindahan bunga mawar. Karena kecantikannya itu bunga mawar pun mendapat julukan Queen of Flower atau ratu dari seluruh bunga. Dan karena itu pula bunga mawar sering dijadikan sebagai simbol tanda cinta serta kasih sayang. Pada umumnya tanaman mawar tumbuh memanjat ke atas dan tingginya dapat mencapai 2,5 meter. Memiliki batang berduri yang berbentuk seperti pengait. Fungsinya sebagai pegangan ketika merambat atau memanjat pada tumbuhan lain. Ada juga beberapa jenis mawar yang memiliki duri lurus dan tajam seperti jarum, namun ada pula durinya lunak.

Kembali lagi ke topik awal, menanam bunga mawar sebenarnya sangatlah mudah asalkan Anda mau memperhatikan dan mengikuti langkah yang tepat mengenai cara mudah menanam bunga mawar dalam pot ataupun di halaman berikut ini.

Cara menanam bunga mawar yang pertama. Menanam bunga mawar dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya yaitu dengan cara stek batang, okulasi ataupun dapat juga dengan menanam menggunakan biji. Namun cara yang sering diminati dan dilakukan oleh orang yang ingin menanam bunga mawar di dalam pot adalah dengan cara stek batang. Menanam bunga mawar di dalam pot dengan cara stek memang lebih mudah. Tidak ada perawatan khusus untuk menanam Bunga Mawar. Anda hanya memerlukan media tanam berupa tanah yang berhumus serta drainase yang baik.

Sebelum mulai menanam, siapkan hal-hal berikut ini tentang cara menanam bunga mawar untuk mempermudah proses penanaman nantinya. Siapkan pot. Sebaiknya pilih pot yang terbuat dari tanah liat, tembikar atau semen cor. Pot yang terbuat dari bahan plastik tidak memiliki pori-pori dan lembab, sehingga menyebabkan suplai oksigen kurang serta membuat akar bunga mawar menjadi mudah busuk. Saat memilih batang untuk dijadikan stek, ambilah batang yagn berada di bagian tengah ranting cabangan. Janganlah memilih dan mengambil stek pada batang yang masih muda ataupun yang berada di bagian ujung cabang ranting, karena bagian tersebut akan lebih susah untuk tumbuh.

Elemen utama dari cara menanam bunga mawar yang benar ialah tanah yang subur, pupuk, air serta batang stek bunga mawar itu sendiri. Letakan batu-batu kecil atau potongan batu bata di dasar pot agar air dapat meresap keluar. Lalu masukkan tanah yang subur dan beri pupuk agar nantinya tanaman dapat berkembang dengan baik. Tancapkan batang bunga mawar dan siramlah dengan air. taruhlah bunga mawar yang telah ditanam tadi ke tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung agar tunas lebih cepat tumbuh. Setelah tunas sudah tumbuh, pindahkan pot bunga mawar ke tempat yang terkena sinar matahari agar dapat melakukan fotosintesis.

Setelah berumur 1-2 bulan, siramlah bunga mawar tadi secara teratur pada waktu pagi dan sore. Jangan lupa untuk memberinya pupuk agar bunga mawar dapat bertumbuh dengan baik. Jangan lupa lakukan pemangkasan secara rutin agar tanaman bunga mawar menjadi terangsang sehingga rajin berbunga. Pemangkasan juga diperlukan dengan memootong daun yang Anda anggap tidak perlu, agar pemasukan makanan bisa mencukupi.

Cara merawat tumbuhan bunga mawar agar tumbuh subur dan terus berbunga
Jika ingin dipindah ke tanah halaman, ikuti cara menanam bunga mawar di halaman berikut ini. Buatlah lubang dengan kedalaman minimal 50cm.  Isi dengan tanah subur dan pupuk. Saat awal penanaman, mawar perlu disiram setiap hari dengan air yang banyak. Tapi perhatikan, siramlah hanya pada tanahnya. Pilih waktu penyiraman saat pagi hari dimana belum ada sinar matahari atau sore hari dimana sudah tidak ada lagi sinar matahari. Ingat hanya tanahnya saja yang disiram jangan daunnya karena daun tanaman mawar rawan kering bila terkena air. Pada saat musim berbunga, mawar memerlukan banyak air. Sirami dengan melimpah. Bila tanaman mawar sudah berumur 2 tahun, frekuensi penyirama sudah dapat dikurangi menjadi 4 hari sekali. Ingat, saat menyiram pastikan kondisi tanah harus benar-benar basah agar air dapat sampai ke akar sehingga kebutuhan air pohon mawar terpenuhi.

Lalu bagaimana cara merawat bunga mawar? Perawatan mawar tidak hanya sebatas pada penyiraman setiap hari, Anda juga sebaiknya membersihkan gulma dalam pot atau pada tanah halaman disekitar pohon mawar tumbuh. Pemupukan juga diperlukan sebelum mawar Anda berbunga, tengah berbunga, dan ketika kuntum bunga mawar tampak layu. Sebaiknya upayakan untuk memakai peneduh jaring diatas tempat Anda menanam bunga mawar, agar mawar dapat bertumbuh lebih maksimal. Pangkaslah secara teratur daun-daun yang mulai kering. Perhatikan juga, bahwa bunga mawar kerap dihinggapi serangga maupun jamur. semprot mawar Anda dengan obat hama supaya bunga dan tanaman mawar Anda tidak mudah terjangkit penyakit. Jika ingin memetik mawar, gunakanlah pisau yang tajam dan potonglah tangkai mawar secara miring supaya air cepat terserap masuk. Anda juga dapat metakkan jerami dan rerumputan yang telah dipotong-potong hingga menutupi tanah di sekitar akar. Teknik ini bertujuan untuk menghindari pertumbuhan gulma. Demikianlah cara mudah menanam bunga mawar serta cara mudah merawat bunga mawar. Anda memiliki pengalaman indah dengan bunga mawar? Mari bagikan dikolom komentar. Terimakasih.

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Mawar Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Mawar Reviewed by Mbah Gimbal on 10:08 PM Rating: 5

14 comments:

Soal Psikotes Bank-BUMN said...

Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

Info tambahan nie:

Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja serta Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya. Dapatkan juga Soal Psikotes untuk Penerimana TNI dan POLRI
Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

Flash disk rusak jangan panik dulu coba baca artikel Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca mungkin dapat membantu.

Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

Tani Media said...
This comment has been removed by the author.
Tani Media said...

terimakasih, kunjungi juga mediatani.com untuk menambah pengetahuan bercocok tanam.

Flowerian said...

Mas/Mbak

Mau nanya, kalau menggabungkan mawar dari 2 warna yang berbeda bagusnya dengan cara apa ya?

Saya mau menulis tentang itu di blog saya www.flowerian.com

Terima kasih

Anonymous said...

test

Bunga Karangan said...

nice share gan

http://www.prestisa.com/jasa-wedding-dan-car-decoration-di-palembang-terbaik-082298681272-prestisa-florist-jual-macam-macam-bunga-karangan/

Jamal Ismail said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Mau lebih ngerti cara - cara menanam bunga mawar lebih lengkap? bisa join di forum tanaman.id :)

Carlz Jafran said...

Info menarik. Thank you

obat pelangsing alami said...

selalu jatuh cinta dengan aneka rupa bunga. sayang saya gak begitu telaten dalam bercocok tanam....

renkamizu said...

mau nanya nih,dirumah mawar hasil tempel tunas. bunga prtamanya berwarna peach dan besar. setelah gugur bunganya saya buang bunga gugurnya dengan harapan tumbuh tunas baru. tapi kok kemudian berbunga lagi malah bunganya jadi warna merah tua dan kecil. apakah ini pengaruh okulasinya? ada saran supanya bunganya balik lagi jadi warna peach cantik kaya bunga pertama?

Anna Kharisma said...

Tangkai bunga mawar yang telah mengembang bisa dipangkas dan dimasukkan kedalam vas untuk dijadikan hiasan rumah.
Cara perawatannya pun mudah, dengan memasukan "Hydrogel" kedalam vas bunga tersebut atau air (tetapi rutin menggantinya sehari sekali).
Bunga mawar juga dapat dirangkai sebagai hiasan rumah yang cantik,
Contoh rangkaian bunga dapat dilihat disini

fani suryanto said...

Trima kasih atas tipsnya brather

Kata Kata Bijak, Kata Kata Mutiara, Kata Kata Cinta, Puisi Pendek, Puisi, Syair pujangga, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis

Admin Foo said...

terimakasih inormasinya, sangat menarik ulasan bunga mawarnya,
saya juga punya artikel bunga wijayakusuma, bisa lihat di : http://sokotani.blogspot.com/2017/04/cara-menanam-bunga-wijaya-kusuma.html

Powered by Blogger.