Tips Mandi yang Bersih, Sehat, dan Segar






Tips cara membersihkan tubuh dan badan dengan mandi yang sehat, bersih, dan segar
Pada umumnya, di masyarakat kita, mandi sering kali hanya dilakukan sebagai rutinitas membersihkan tubuh saja. Namun ternyata ada tips-tips khusus untuk dapat memperoleh khasiat tubuh yang bersih, sehat, dan segar setelah mandi. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa urutan yang tidak sesuai saat mandi dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Hal tersebut tentu sangat menyebalkan bukan? Oleh karena itu yuk baca dulu tips mandi bersih, sehat, dan segar berikut ini agar Anda memperoleh khasiat dari mandi rutin pagi dan sore hari.

Yang pertama, sebelum memulai membasahi tubuh Anda, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk menyikat gigi terlebih dahulu hingga gigi Anda terasa benar- benar bersih. Setelah selesai menyikat gigi, Anda dapat melanjutkannya dengan mulai keramas. Basuh rambut dengan air, dan posisikan tubuh sedikit membungkuk agar air tidak mengenai badan kita, lalu segera pijat-pijat lembut rambut dan kulit kepala Anda dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda. Pijat lembut hingga berbusa. Usahakan agar busa shampo tidak mengenai kulit wajah. Bilas rambut Anda hingga bersih dari shampo.

Selanjutnya, Anda dapat mulai membasuh wajah dengan air. Gosok lembut bagian-bagian pada wajah Anda. Gunakanlah facial foam dengan merek produk yang sudah biasa Anda gunakan dan tentunya cocok dengan kondisi kulit wajah Anda. Sejenak pijat-pijat lembut wajah Anda kemudian tanpa membilasnya terlebih dahulu, Anda dapat mulai mandi dengan menyiram air ke tubuh Anda. Ada yang menyebutkan bahwa mandi menggunakan gayung akan membuat tubuh lebih segar dan bugar dibandingkan mandi menggunakan shower ataupun dengan berendam di bathub.

Gosok-gosok bagian tubuh hingga semua bagian tubuh terkena air terkena air. Bersihkan seluruh badan dengan menggunakan body soap (sabun badan). Sebaiknya gunakan sabun yang mengandung scrub. Scrub baik untuk mengangkat lapisan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Pilihlah sabun pembersih yang mampu membersihkan, melembabkan serta memproteksi kulit dari kuman. Pastikan  seluruh badan Anda terkontak dengan pembersih. Ketika mandi sebaiknya jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Mandi air panas atau hangat baik untuk memberikan rasa tenang serta membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tidak ada salahnya untuk sesekali mandi air hangat, tetapi untuk rutinitas sebaiknya Anda mandi dengan menggunakan air dingin karena mandi air dingin baik untuk meningkatkan imunitas tubuh

Bagi Anda yang hobi spa, Anda juga bisa mandi sekaligus spa di rumah sendiri, tanpa perlu datang ke spa center. Caranya yaitu dengan menambahkan minyak aromaterapi (minyak esensial), gel, dan sabun yang mengandung wewangian tertentu ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Setelah Anda selesai membersihkan tubuh, segera akhiri mandi dengan membilas dan membasuh seluruh tubuh dengan air hingga tubuh benar-benar bersih dari busa sabun. Tujuan membasuh dan membilas adalah untuk meningkatkan zat pelembab pada pembersih agar bertahan lebih lama pada kulit Anda. Kelembaban pada kulit dibutuhkan seusai Anda mandi, oleh karena itu ada baiknya untuk tidak membuat kulit menjadi benar-benar kesat karena dampaknya kurang begitu baik bagi kulit Anda. Beberapa sumber juga menyarankan agar Anda menggunakan pelembab setelah selesai mandi agar kulit tidak kering.

Itulah tips cara mandi bersih, sehat, dan segar yang dapat Anda praktekan sendiri di rumah. Apakah Anda memiliki tanggapan tentang tips di atas? Atau mungkin Anda memiliki tips sendiri yang biasa Anda pakai saat mandi, yuk ceritakan pengalaman Anda dengan turut aktif berkomentar.

Tips Mandi yang Bersih, Sehat, dan Segar Tips Mandi yang Bersih, Sehat, dan Segar Reviewed by Mbah Gimbal on 5:35 PM Rating: 5
Powered by Blogger.