Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kamu!






Jurusan Kuliah
Jurusan Kuliah
Bingung memilih jurusan kuliah yang cocok? Yuk simak artikel kami tentang cara memilih jurusan kuliah yang tepat untuk kamu! Halo teman-teman sekalian, bagaimana kabarmu? Seperti kita ketahu bersama, setelah lulus dari bangku SMA, SMU, SLTA, ataupun SMK, biasanya kita akan mulai memikirkan akan melanjutkan sekolah di universitas mana dan akan mengambil jurusan apa. Nah berdasarkan pengalaman, ternyata banyak teman-teman saya yang tidak memikirkan secara matang dimana mereka akan melanjutkan kuliah dan mau ambil jurusan apa. Wah, ngeri sekali kan? Memilih jurusan kuliah memang terlihat sederhana, namun sebenarnya hal ini tidak sesederhana apa yang kita lihat. Keputusan yang diambil tentang program studi yang diambil tentu sedikit banyak akan mempengaruhi masa depanmu. Waduh, berarti menentukan jurusan kuliah (fakultas) yang tepat sangat penting dong? Bagi saya pribadi ya memang begitu. Memilih jurusan kuliah itu tidak boleh sembarangan. Jika masih ada yang asal-asalan dalam memilih jurusan kuliah yang akan diambil, sama saja orang tersebut tidak mempersiapkan masa depannya dengan baik. Oleh karena itu, untuk mencegah kamu salah memilih jurusan saat kuliah nanti, yuk simak bersama ulasan Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kamu berikut ini.

Ada yang sudah mencoba browsing mencari informasi jurusan kuliah? Bagi kamu yang sudah browsing atau sudah cari-cari informasi dimanapun itu, pasti sekarang sudah tau kan kalau ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa kamu ambil. Jika mau dihitung, jumlah jurusan itu bisa sampai ratusan bahkan ribuan lho. Wah banyak sekali ya. Makanya jangan sampai salah pilih jurusan.

TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT


Menentukan jurusan kuliah yang pas sepertinya membutuhkan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu baik kalau memikirkan hal ini jauh sebelum kamu mendekati ujian akhir, bisa saja saat kamu baru menginjak kelas 2 SLTA (sekarang sepertinya sudah berubah menjadi kelas 11). Sembari kamu menjalani pendidikan di sekolah, kamu sebaiknya sudah mulai melihat ke mana arah yang akan kamu ambil. Nah, untuk membantu mempermudah dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat bagi kamu, saya akan mencoba menuntunnya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini sebagai bahan permenungan.

Minat Dan Hobi

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama yaitu menanyakan pada diri sendiri "Dimana minatmu bro/sis?". Untuk meraih gelar sarjana, biasanya dibutuhkan waktu yang tidak cepat tapi juga tidak lama. Yah, umumnya sih sekitar 3-4 tahun. Hmm... Lumayan juga yah. Nah sudah tau begitu, jangan sampai kamu salah memilih jurusan. Jangan sampai selama 3-4 tahun kamu tersiksa karena kamu sebenarnya tidak suka dengan jurusan tersebut. Balik lagi, coba lihat ke dalam diri masing-masing, kira-kira kamu punya minat dimana? Atau bisa dibantu juga dengan melihat bakat. "Bakat apa yang kamu miliki?". Misalnya kamu mungkin bakat dalam berhitung? Bisa mempertimbangkan jurusan kuliah matematika. Atau kamu bakat dalam hal olah raga? Kamu bisa juga mempertimbangkan untuk mengambil jurusan olah raga. Tapi kamu juga bisa melihat hal-hal diluar pelajaran sekolah. Misalnya saja nih, kamu bakat dalam memasak, bisa saja kamu jadikan pertimbangan untuk mengambil program studi tata boga.

Memilih Jurusan Kuliah Musik
Memilih Jurusan Kuliah Musik
Masih bingung dalam menentukan minat dan bakat? Bisa juga kamu mulai melihat hobi kamu. "Apa hobimu sis/bro?" Mungkin tanpa kamu sadari kamu lihai dalam mengggambar? Hobi bermain gitar? Merasa cukup memiliki bakat dan minat disitu? Jangan ragu buat mengembangkannya dengan mengambil jurusan seni. Yang jelas, pastikan kamu tidak terpaksa dalam mengambil jurusan kuliah ini. Sesuaikan saja dengan minat, bakat, dan hobimu. Alasannya adalah karena biasanya kita akan merasa bergairah mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan minat dan hobi.

Contoh : Saya pribadi dari kecil gemar bermain game. Di rumah saya punya banyak gamebot, nintendo, hingga yang terakhir komputer kakak saya yang saya gunakan untuk bermain game. Dari hobi saya itu, mungkin saya mulai mempertimbangkan untuk mengambil jurusan yang berhubungan dengan hal game. Mungkin bisa jurusan Teknik Informatika? Apakah saya mengambil jurusan informatika? Ikuti terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Cita-Cita

Nah, pertanyaan selanjutnya untuk membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat ialah "Apa cita-citamu bro/sis?". Bagi orang yang memiliki cita-cita yang jelas, menentukan jurusan kuliah menjadi hal yang mudah. Misalnya saja nih, teman saya memiliki cita-cita jadi dokter, ya dia bisa mengambil jurusan kedokteran. Ada juga yang ingin menjadi seorang arsitek, dia bisa mengambil jurusan arsitektur. Beda lagi yang memiliki cita-cita menjadi pengacara, dia bisa mengambil jurusan kuliah hukum. Nah, kalau kamu cita-citanya jadi apa?? Tentukan cita-citamu sejak dini bro...

Contoh : Saya pribadi waktu itu tidak memiliki cita-cita yang pasti... Cita-cita saya dulu terlalu abstrak, yaitu jadi orang sukses. Jadi dalam hal ini tidak membantu banyak dalam menentukan jurusan kuliah yang saya ambil.

Kemampuan

Selanjutnya, kalau kamu sudah berpikir dan menimbang-nimbang, tapi ternyata kamu masih bingung juga, sekarang saatnya kamu melihat ke dalam dirimu. Apa kemampuanmu? Ya. "Apa kemampuanmu mas bro dan mbak sis?" Sebagian orang atau anak sekolah bingung ketika ditanya kemampuanmu. Untuk lebih membantu lagi, coba lihat jurusan yang kamu ambil di SLTA. Umumnya, di SLTA kita harus memilih jurusan kita baik IPA, IPS, ataupun bahasa. Dari situ kamu bisa mulai mengarahkan minatmu lebih lanjut. Misalnya, ketika di sekolah kamu mengambil jurusan IPS, kamu bisa memantapkan hati untuk mengamibl jurusan ekonomi atau akuntansi. Berbeda jika kamu mengambil jurusan IPA. Ketika kamu mengambil jurusan IPA, yang ada dibenak saya berbarti kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan jurusan IPA, misalnya kamu suka dengan matematika, biologi, kimia, nah dari situ kamu bisa menyakinkan dirimu bahwa mungkin itulah jurusan yang kamu minati.

Bingung Memilih Jurusan Kuliah Saat SMA/SMU/SLTA
Bingung Memilih Jurusan Kuliah Saat SMA/SMU/SLTA
Contoh : Saat saya sekolah di SMA (sekarang SLTA) saya kurang pandai dalam pelajaran ekonomi dan akuntansi. Padahal 2 mata pelajaran itu bisa dibilang nyawa dari jurusan IPS. Sedangkan kemampuan saya dalam matematika, biologi, kimia, dan fisika terbilang tidak terlalu buruk dan saya merasa senang berhubungan dengan pelajaran tersebut. Jadilah saya memilih jurusan IPA. Nah, seandainya saya mengambil jurusan kuliah teknik informatika, tentu sudah cocok. Tapi apakah saya benar-benar akan memilih jurusan teknik informatika? Lihat saja...

Peluang Masa Depan

Apa tujuan dari berkuliah? Apa hayo? Bagi saya pribadi, tujuan berkuliah tentu untuk menuntut ilmu yang seyogyanya dapat dipergunakan untuk menopang pekerjaan yang nantinya akan digeluti setelah lulus dari jenjang kuliah. Ya, ujung-ujungnya tentu masalah uang. Biaya kuliah tidaklah murah, jadi seharusnya ilmu yang didapatkan disaat kuliah bisa di aplikasikan didunia kerja setelah kamu-kamu meninggalkan kampus. Nah, tips memilih jurusan kuliah yang terakhir yaitu dengan melihat peluang pasar setelah kamu lulus nantinya. Apakah gelar yang kamu dapat bisa digunakan untuk mencari pekerjaan yang kamu sukai, yang layak, yang gajinya besar, yang ... masih banyak lagi. Itu sebagai contoh saja. Jangan sampai kamu mengambil jurusan yang tidak populer dan peluang kerjanya minim. Pada akhirnya kamu akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Contoh : Di atas sudah disebutkan bahwa saya hobi main game. Seiring berjalannya waktu saya juga gemar mengutak-atik komputer kakak saya. Jadilah pada akhirnya saya mengambil jurusan teknik informatika. Dengan mengambil jurusan tersebut, sehari-hari saya dekat dengan komputer yang sama artinya saya bisa menyalurkan hobi main game. Tentu saya menikmati dong. Saat kuliah saya juga memilih jurusan IPA, saya senang dengan hitung-hitungan. Cocok dah, dalam jurusan informatika banyak mata kuliah berhitung seperti kalkulus maupun aljabar. Jadi saya bisa menikmatinya. Bagaimana dengan peluang lulusan teknik informatika dimasa depan?

Tips Jurusan Kuliah
Tips Jurusan Kuliah
Yang saya ketahui teknik informatika sendiri terbagi menjadi banyak spesialisasi, misalnya tentang perangkat lunak seperti programming, tentang robotika, tentang perangkat keras, tentang jaringan, dll. Jadi ya peluangnya sangat luas. Untuk beberapa tahun ke depan prospek bisnis teknologi juga sedang maju-majunya. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri banyak membutuhkan lulusan dari jurusan perkuliahan ini. Dari segi gaji juga sangat bervariatif.

Nah, itulah ulasan lengkap Tips Memilih Jurusan Kuliah yang dapat saya bagikan. Semoga setelah membaca artikel ini kamu sudah tidak bingung dan ragu lagi dalam memilih jurusan kuliah. Jangan takut salah dalam memilih jurusan kuliah, yang penting kamu benar-benar mempertimbangkan. Jangan lupa pula untuk meminta petunjuk dan bimbingan saat kamu sedang berdoa. Mintalah tuntunan-Nya selalu. Kiranya beberapa poin pertanyaan diatas dapat memandu kamu menentukan pilihan terbaik. Dan nantinya, apapun pilihan jurusan kuliah yang kamu ambil, pesan saya adalah kamu harus bisa bertanggung jawab pada keputusan yang sudah kamu ambil. Saat menjalani perkuliahan, apapun yang terjadi kamu harus bersemangat dan tidak boleh patah harapan. Jadilah kebanggan untuk kedua orang tuamu, jadilah kebanggaan untuk bangsa ini, jadilah kebanggan untuk dirimu sendiri! Selamat berjuang guys!

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kamu! Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kamu! Reviewed by Unknown on 9:05 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.