Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger. 1 Menit Jadi!






Bagaimana cara membuat blog pribadi
Apa ada cara membuat blog pribadi hanya dalam waktu 1 menit?! Ya ada, jangan kaget. Cukup hanya dengan 1 menit blog pribadi Anda di Blogger siap untuk dipublikasikan. Lalu bagaimana cara membuat blog pribadi gratis di Blogger dengan cepat? Tenang, Omah Tips nanti akan memberikan caranya. Blog atau web blog pada dasarnya merupakan aplikasi web yang menampilkan postingan (biasanya berupa artikel) secara berurutan mulai dari artikel terbaru hingga yang paling lama. Blog dulu sering digunakan sebagai media untuk menulis diary secara online. Namun seiring perkembangan teknologi, banyak orang memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang. Semua tergantung dari si pemilik blog. Saat ini di internet, ada banyak tersedia layanan untuk membuat blog gratisan, diantaranya Blogger atau Blogspot, Wordpress, Blog Detik, dll. Nah, saya pribadi lebih suka menggunakan Blogger (Blogspot) yang merupakan salah satu produk dari Google, dan dari segi tampilan lebih dinamis dibandingkan dengan yang lain. Oke, langsung saja simak Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger dalam 1 Menit berikut ini.

Seperti yangk kita ketahui bersama, Blogger (Blogspot) merupakan produk layanan dari Google. Untuk dapat mengaksesnya, Anda harus diwajibkan memiliki akun email Google (Gmail) terlebih dahulu. Dengan akun tersebut, nantinya Anda dapat langsung masuk ke dashboard Blogger (Blogspot). Belum tau cara membuat email Google (Gmail)? Baca artikel cara membuat email Google dulu ya. Sampai sini, saya anggap Anda sudah memiliki akun Gmail. Buka browser Anda dan kunjungi http://www.blogger.com/. Masukan username dan password dari akun Gmail Anda.

Cara Membuat Blog Blogger Homepage

Setelah login, Anda akan dibawa ke halaman dimana Anda dapat langsung membuat blog. Klik tombol "Blog Baru" yang ada dihalaman tersebut. Akan muncul jendela form pendaftaran blog baru dan Anda diminta untuk mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Blog. Jika sudah, langsung tekan tombol "Buat blog!". Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger sudah selesai! Sampai tahap ini Anda sudah berhasil memiliki sebuah blog gratis di Blogger (Blogspot). Mudah dan cepat sekali kan?

Setelah login klik buat blog baru di blogspot

Form membuat dan mendaftar blog blogspot baru

Sekarang Anda sudah dapat mulai memposting artikel baru. Perhatikan gambar-gambar berikut yang akan menuntun Anda hingga dapat memposting artikel. Jika kurang jelas, klik pada gambar untuk memperbesarnya.

Cara membuat blog blogger baru sudah berhasil
Cara Membuat Postingan Artikel di Blog Blogspot
Cara posting artikel setelah berhasil membuat blog di Blogger

Keterangan nomor :
  1. JUDUL POS adalah tempat menuliskan judul artikel Anda.
  2. PUBLIKASIKAN adalah tombol untuk menerbitkan artikel yang Anda anggap sudah selesai dan layak diterbitkan.
  3. SIMPAN adalah tombol yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan ketikan Anda dalam bentuk draft jika anda belum bisa menyelesaikannya saat itu juga. Anda bisa mengeditnya lagi nanti dengan membuka menu POS dan mengklik link EDIT di bawah draft yang tersimpan ini.
  4. PRATINJAU adalah tombol untuk melihat bagaimana tampilan dari ketikan anda saat diterapkan dalam template blog Anda.
  5. TUTUP adalah tombol untuk menutup editor ini.
  6. COMPOSE adalah tampilan RICH TEXT saat kita sedang mengetik artikel.
  7. HTML adalah tampilan dalam bentuk kode HTML, Anda juga bisa membuat kode yang tidak ada pada icon di tampilan ini.
  8. UNDO dan REDO adalah tombol di mana Anda dapat membatalkan atau mengulangi suatu tindakan.
  9. FONT FAMILY adalah tombol untuk mengubah jenis huruf yang digunakan dalam pengetikan.
  10. FONT SIZE adalah tombol yang digunakan untuk mengubah ukuran dari huruf yang digunakan dalam pengetikan.
  11. FORMAT adalah tombol untuk mengubah suatu text menjadi judul poin pembahasan, atau judul subpoin pembahasan, atau judul dari subsubpoin pembahasan.
  12. BOLD adalah tombol untuk membuat huruf menjadi cetak tebal.
  13. ITALIC adalah tombol untuk membuat huruf menjadi cetak miring.
  14. UNDERLINED adalah tombol untuk memberi garis bawah pada suatu kata atau kalimat.
  15. STRIKETHROUGH adalah tombol untuk memberi coretan pada tulisan.
  16. FONT COLOR adalah tombol untuk mengubah warna teks.
  17. FONT HIGHLIGHTS berfungsi untuk memberi sorotan berwarna pada suatu bagian di dalam artikel yang dianggap penting. Seperti penggunaan stabilo di dunia nyata.
  18. LINK adalah tombol yang dipergunakan untuk membuat tautan di dalam artikel Anda.
  19. MASUKKAN GAMBAR adalah tombol untuk memasang gambar di dalam postingan.
  20. MASUKKAN VIDEO adalah tombol untuk mengunggah sebuah video ke dalam postingan Anda.
  21. JUMPBREAK adalah tombol untuk memotong tampilan artikel saat ditampilkan di halaman muka blog anda. Cukup klik pada suatu titik di dalam artikel anda lalu klik icon jumpbreak ini, maka yang berada di bawah titik yang anda tentukan tadi tidak akan ditayangkan di halaman muka.
  22. RATA TEKS adalah tombol untuk mengatur tulisan rata kiri, tengah, kanan, atau imbang.
  23. ORDERED LIST adalah tombol untuk memberi penomoran pada poin-poin artikel.
  24. UNORDERED LIST adalah tombol untuk memberi penandaan pada poin-poin artikel.
  25. QUOTE adalah tombol untuk memberi tampilan khusus pada frasa atau kalimat atau paragraf yang Anda anggap sebagai kutipan.
  26. REMOVE FORMATTING adalah tombol untuk membersihkan semua style atau editan yang sudah kita terapkan pada suatu bagian di dalam artikel.
  27. CHECK SPELLING adalah tombol jika anda mau mengecek pengejaan. Namun baik digunakan untuk pengecekan dalam Bahasa Inggris saja.
  28. LEBEL digunakan untuk memberi label kepada tulisan Anda sebagai sistem pengelompokan artikel.
  29. JADWAL digunakan menentukan waktu artikel akan terbit secara otomatis suatu saat di waktu yang akan datang.
  30. TAUTAN PERMANEN digunakan untuk membuat URL yang Anda inginkan untuk artikel Anda.
  31. LOKASI digunakan untuk memasukkan keterangan tempat di mana anda saat menulis artikel tersebut.
  32. DESKRIPSI PENELUSURAN digunakan sebagai tempat memasukkan meta description ke dalam artikel.
  33. PILIHAN adalah tombol yang berisi opsi HTML untuk mode tulis dan baris baru ketikan anda. Kalau anda bingung, maka abaikan saja.
Demikianlah cara membuat blog pribadi gratis di Blogger. Saya harap setelah membaca artikel cara membuat blog pribadi di Blogger ini, Anda sudah tidak kesulitan lagi dalam membuat blog baru. Anda juga sudah dapat melakukan posting artikel untuk mengisi blog Anda. Ingat, jangan takut untuk mencoba-coba kegunaan dari masing-masing tombol. Sering-seringlah menggunakan aplikasi ini agar Anda semakin terbiasa. Mungkin awalnya memang sedikit membingungkan, tapi setelah beberapa kali mencoba saya jamin Anda sudah tidak bingung lagi. Jika Anda bingung atau mengalami kesulitan saat membuat blog baru di Blogger, mari kirimkan pertanyaan Anda dengan mengisi form komentar di bawah ini. Terimakasih.

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger. 1 Menit Jadi! Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger. 1 Menit Jadi! Reviewed by Unknown on 7:31 PM Rating: 5

2 comments:

de Nature said...

nice inpoh

Unknown said...

Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin
rent office space jakarta

Powered by Blogger.