Tips Ampuh Memilih Batu Akik






Batu Akik
Tips Ampuh Memilih Batu Akik - Batu akik sekarang sedang sangat populer dikalangan pecintanya. Tidak hanya bapak-bapak yang tertarik menggunakan atau mengkoleksi batu akik, namun ibu-ibu dan kaum muda mulai menggandrungi batu mulia satu ini. Hoby akan batu akik ini ternyata memberi banyak peliang usaha bagi banyak orang, mulai dari kolektor batu, hingga penambang batu mulia kena cipratan keuntungan dari boomingnya batu akik. Jika Anda merupakan aalah satu kolektor batu akik, tentunya Anda sudah handal dalam membedakan dan memilih batu akik yang asli bukan? Namun bagaimana dengan pemula yang mulai mencintai batu akik?


Pada kesempatan kali ini Omah tips ingin membahas dan memberikan sedikit tips ampuh memilih batu akik agar Anda tidak tertipu dan lebih jago dalam memilih batu akik yang sesuai kriteria Anda.

TIPS AMPUH MEMILIH BATU AKIK


Tidak dipungkiri bahwa bisnis batu akik membawa keuntungan yang besar bagi para penjualnya, sehingga banyak dari para penjual yang hanya menginginkan keuntungan semata mau menjual batu akik yang tidak sesuai standart. Anda dituntut harus jeli dalam memilih dan membeli batu akik agar tidak tertipu oleh pedagang-pedagang yang hanya menginginkan uang Anda. Berikut beberapa tips ampuh memilih batu akik bagi Anda yang masih pemula dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai batu akik ini mari silahkan dibaca beberapa tips berikut ini : 

Tips ampuh memilih batu akik yang pertama ialah ketika Anda ingin membeli batu akik pastikan terlebih dahulu kondisi fisik batu akik tersebut. Gunakan senter untuk melihat bagian dalam batu apakah ada cacat atau tidak. Sehingga tidak hanya mulus di luar namun Anda juga bisa mendapatkan batu yang mulus luar dan dalam. Perhatikan juga warna batu apakah warnanya merata atau tidak, Anda dapat merendamnya didalam air sehingga Anda dapat mengetahui ketajaman warna batu dan mengetahui pula apakah batu tersebut sudah mengkristal atau belum. Perlu diketahui bahwa batu yang bagus adapah batu yang sudah mengkristal.

Tips ampuh memilih batu akik yang kedua ialah perhatikan tingkat kecerahan atau kejernihan batu. Seperti yang Anda ketahui batu akik yang memiliki kejernihan atau tingkat kecerahan yang tinggi adalah batu yang bagus. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak ada batu akik yang memiliki kejernihan hingga 100% karena proses alam yang membuatnya memiliki pola alami yang membuatnya menjadi lebih indah di banding batu buatan.

Tips ampuh memilih batu akik yang ketiga ialah bentuk potongan batu. Perhatikan potongan batu akik, lebih baik Anda memilih potongan simetris untuk tinggi, panjang maupun lebarnya. Batu akik inipun memiliki pakemnya sendiri-sendiri, misalnya batu bacan memiliki bentuk yang oval cabochon yang cenderung lebih tebal dan banyak disukai pria.

Tips ampuh memilih batu akik yang keempat ialah perhatikan berat batu akik. Beberapa batu seperti batu bacan dan batu calchedony memang memiliki berat yang lebih dibanding batu akik jenis lainnya, karena di dalam batu tersebut terkandung material logam yang membuatnya lebih berat di bandingkan yang lainnya. Yang perlu Anda ketahui bahwa batu pasti memiliki berat yang lebih dibandingkan dengan batu buatan yang mungkin dari kaca atau bahan lainnya. Sehingga dapat membantu Anda dalam memilih batu akik yang asli.

Tips ampuh memilih batu akik yang kelima ialah perhatikan sertifikat batu akik yang akan Anda beli. Sama seperti Anda hendak membeli batu mulia jenis lain nya, batu yang memiliki nilai yang tinggi pasti mempunyai surat sertifikat yang berisikan data dari batu tersebut, seperti berat, warna, nama batu dan nomor identitas batu tersebut. Sehingga saat membeli batu dengan harga yang tinggi jangan lupa untuk menanyakan surat sertifikat untuk menunjukan keaslian batu tersebut.

Sebagai saran, sebaiknya untuk pembeli pemula yang masih kurang percaya diri dalam memilih batu akik dan takut tertipu ajaklah ahlinya supaya dapat memberi saran dan menelitu apakah batu tersebut asli atau tidak. Demikian beberapa tips ampuh memilih batu akik, semoga dapat membatu Anda sekalian dalam membeli dan dapat menjadi panduan untuk Anda dalam memilih batu akik yang cocok dengan Anda. Selamat berbelanja dan terimakasih.

Tips Ampuh Memilih Batu Akik Tips Ampuh Memilih Batu Akik Reviewed by Jeng Admin on 8:11 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.