Tips Membuat Paspor Online, Mudah dan Cepat!






tips membuat paspor online, mudah dan cepat
Tips Membuat Paspor Online - Membuat paspor kini tidak sesulit biasanya, kini pemerintah telah menyediakan layanan khusus untuk pembuatan paspor secara online, sehingga akan memudahkan Anda sekalian yang tidak sempat datang atau yang sedang sibuk bekerja namun ingin membuat paspor. Kini Anda tidak perlu datang secara langsung, Anda hanya perlu mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu secara online baru kemudian datang untuk foto dan pengambilan paspor. Mudah bukan? Anda penasaran bagaimana caranya? Caranya mudah dan tidak sesulit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang, dengan menggunakan sistem online ini pula Anda sekalian dapat lebih menghemat waktu karena tidak perlu beberapa kali balik untuk mendaftarrkan diri Anda ke kanim (kantor imigrasi).


Bagi Anda yang masih bingung atau masih penasaran dengan cara pembuatan paspor online, pada kesempatan kali ini Omah Tips ingin membagikan tips membuat paspor online, mudah dan cepat.

TIPS MEMBUAT PASPOR ONLINE, MUDAH DAN CEPAT!



Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Tips membuat paspor online yang pertama ialah kunjungi www.imigrasi.go.id, siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti :
  1. KTP dan fotokopinya
  2. Kartu keluarga dan fotokopinya
  3. Ijasah /surat babtis /surat nikah/ akte lahir dan fotokopinya (pilih salah satu saja)
  4. Bukti pembayaran paspor 3 lembar dan fotokopinya
  5. Tanda terima permohonan
  6. Formulir surat perjalanan Republik Indonesia

Setelah berkas-berkas tersebut lengkap, simpan dan jangan lupa untuk membawanya ke kanim (kantor imigrasi) saat jadwal pemotretan, karena berkas ini tidak lagi diunggah pada sistem pengajuan permohonan pembuatan paspor online namun harus langsung dibawa ke kanim nya.

Kemudian langkah kedua ialah pilih menu online service dan klik pada layanan paspor online, kemudian pilih pra permohonan personal, pada laman ini Anda akan diminta untuk mengisi data. Isilah data dengan lengkap dan benar. Data harus sesuai dengan KTP dan yang masih aktif. Jika sudah terisi dengan benar, klik lanjut, disini Anda akan diminta mengisi keterangan keluarga Anda. Jika sudah klik tombol lanjut, dan akan muncul informasi pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Pastikan data ya Anda isi sudah benar semua, jika masih ada yang keliru klik tombol kembali untuk mengeditnya, jika sudah benar isi kotak captcha kemudian klik ok. Perhatikan pada laman ini juga berisikan biaya pembuata paspor sebesar Rp  355.000 yang harus dilunasi terlebih dahulu melalui bank BNI, serta jadwal kedatangan ke kanim.

Selanjutnya Anda akan menerima email konfirmasi pendaftaran dari Ditjen Imigrasi dan terlampir pula untuk bukti pengantar ke bank yang harus Anda cetak.

Langkah selanjutnya ialah Anda harus membayar biaya pembuatan paspor tersebut, bisa melalui ATM dan bisa juga mendatangi bank BNI secara langsung, tunjukan print out bukti pengantar ke bank dan kemudian lakukan pembayaran. Setelah itu fotokopi kertas bukti pembayaran sebanyak 3 lembar. 

Setelah pembayaran sudah dilunasi, kembalilah ke email Anda dan klik link yang menunjukan proses selanjutnya. Proses selanjutnya Anda akan dibawa ke laman informasi kedatangan ke kanim. Pilih tanggal kedatangan, kemudian isi kotak captcha dan klik tombol ok. Selanjutnya Anda akan menerima email konfirmasi dengan lampiran tanda terima permohonan dan formulir surat perjalanan Republik Indonesia, cetak dan bawa kedua berkas ini ke kanim. Bacalah dengan cermat mengenai ketentuan-ketentuannya dan isilah data pada surat perjalanan yang masih kosong dan siapkan materai Rp 6000 untuk dibawa juga ke kanim.

Tips membuat paspor online yang kedua ialah pengurusan paspor ke kantor imigrasi. Di kanim ini akan dilakukan pengecekan data, pengambilan foto dan pengambilan sidik jari dan satu lagi ialah wawancara. Wawancara seputar perjalanan Anda ke luar negri. Datanglah sepagi mungkin agar dapat nomer antrian kecil sehingga Anda bisa selesai lebih cepat. Gunakan pakaian yang rapi seperti memakai kemeja, dan kemudian jangan lupa juga untuk membawa berkas berkas yang perlu dibawa seperti yang sudah dijelaskan diatas. Ikuti prosedur yang ada di kanim.

Tips membuat paspor online yang ketiga pengambilan paspor. Menurut pengalaman paspor akan jadi 3 hari setelahnya. Usahakan datang pagi karena lolet pengambilan paspor ditutup pukul 12.00. Jangan lupa bawa dan serahkan surat pengambilan paspor, pengambilan paspor bisa diwakilkan asal masih dalam satu kartu keluarga, kemudian sebisa mungkin jangan menunda pengambilan paspor karena paspor yang dalam 30 hari tidak diambil akan dimusnahkan.

Demikian tips membuat paspor online, mudah dan cepat! Apakah Anda pernah mencobanya? Jika belum dan Anda ingin lebih praktis silahkan mencoba cara yang satu ini. Dan apabila ada pertanyaan, isi kolom komentar dibawah ini, akan kami bantu menjawabnya.

Tips Membuat Paspor Online, Mudah dan Cepat! Tips Membuat Paspor Online, Mudah dan Cepat! Reviewed by Jeng Admin on 2:02 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.