Tips Cara Jitu Berhenti Merokok






Cara alami dan tradisional berhenti dari rokok dan terbebas dari kecanduan dan pengaruh nikotin rokok
Seperti kita ketahui bersama, menghisap rokok sebenarnya bukanlah suatu kebiasaan yang baik. Ada berbagai macam racun berbahaya yang dapat mengganggu dan merusak kesehatan, baik bagi sang perokok sendiri maupun bagi orang-orang yang berada di sekitar si perokok tersebut. Bahkan pihak produsen rokok telah memberikan peringatan tentang bahaya merokok pada bungkus rokok yang mereka produksi. Namun semua kembali kepada diri kita masing-masing. Apakah ingin terus berada dibawah pengaruh nikotin ataukah mau mencoba untuk melepaskan diri dari pengaruh nikotin tersebut. Bagi Anda yang saat ini ingin mulai bertobat dari rokok, berikut ini kami berikan tips untuk berhenti merokok.

Publikasikan keputusan Anda untuk berhenti merokok kepada semua kerabat keluarga maupun semua teman-teman Anda. Orang-orang terdekat Anda akan dapat mengingatkan dan memotivasi Anda ketika mungkin Anda sedang down atau saat rasa ingin merokok kembali datang. Sedangkan mempublikasikan niat tersebut kepada semua teman Anda penting karena disini Anda mempertaruhkan nama Anda sendiri. Mereka akan melihat apakah Anda hanya membual ataukah Anda memang seorang yang mau berjuang hingga akhirnya dapat lepas dari pengaruh rokok. Berhati-hatilah karena jika Anda tidak benar-benar memiliki niat yang kuat dan konsisten dalam berusaha, pada akhirnya Anda hanya akan menjadi bahan ledekan bagi teman-teman Anda. Beranilah untuk berkata "Tidak", kepada mereka yang menawari atau mengajak Anda untuk merokok.

Untuk berhenti merokok, sebaiknya Anda mulai dengan cara yang mudah. Tidak perlu langsung berhenti sepenuhnya, berhentilah secara bertahap. Misalnya, Anda dapat mengurangi jumlah batang rokok yang Anda biasa hisap dalam 1 hari. Lakukan terus secara bertahap dan konsisten. Jika diri Anda sudah mulai terbiasa untuk terus mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap per hari, beranilah untuk menghindari godaan merokok setelah makan. Sesekali beranikanlah diri Anda untuk sama sekali tidak mentolerir rokok dalam 1 hari, bahkan untuk 1 batang sekalipun. Dengan begitu tubuh Anda akan semakin terbebas dari pengaruh rokok. Jika mulut Anda sudah mulai terasa asam dan ingin merokok, Anda dapat mengunyah permen karet rendah/bebas gula atau camilan lainnya sebagai pengalih perhatian.

Hindari kebiasaan yang membuat Anda merokok. Jika saat banyak pikiran Anda terbiasa merokok, mungkin Anda dapat menyediakan beberapa hari bagi pikiran Anda untuk rileks, hal itu tentu dapat sedikit meringankan usaha pada hari-hari awal Anda berhenti merokok. Carilah kesibukan untuk mengalihkan diri Anda dari rasa ingin merokok. Isilah waktu Anda dengan mengerjakan hal-hal yang Anda suka, misalnya dengan berolah raga atau mengunjungi tempat-tempat umum tanpa asap rokok seperti perpustakaan kota. Biarkanlah diri Anda melakukan banyak kegiatan disiang hari. Hal ini baik karena dengan tubuh yang sudah lelah seharian melakukan berbagai kegiatan, tentulah Anda dapat segera tidur lebih awal dan lebih cepat. Jangan lupa untuk melewati hari-hari Anda dengan lebih banyak minum air putih.

Tabunglah uang yang biasa Anda habiskan untuk membeli rokok. Jika Anda telah dapat melewati beberapa minggu tanpa menghisap rokok, Anda dapat memberi penghargaan untuk diri Anda sendiri atas usaha dan kerja keras yang telah Anda lakukan. Anda dapat menggunakan uang rokok yang telah Anda tabung untuk membeli sesuatu yang Anda sukai. Tidak ketinggalan, perhatikan pola makan dan berat badan Anda. Biasanya seorang perokok yang telah berhenti merokok berat badannya sedikit banyak akan naik. Hal ini wajar karena mereka cenderung makan atau ngemil lebih banyak sebagai pengalih rasa ingin merokok. Rajinlah untuk selalu berdoa kepada Tuhan, agar usaha Anda untuk berhenti merokok diberikan kemudahan dan kelancaran.

Berhenti merokok memang susah susah gampang. Rata-rata para perokok aktif biasanya tau benar bahaya dari merokok, hanya saja mereka belum menemukan alasan kuat yang dapat benar-benar membuat mereka berhenti dari kebiasaan merokok. Termasuk 2 orang saudara saya yang perokok berat dan saat ini telah dipanggil Tuhan. Saya tidak ingin menakut-nakuti Anda, karena disisi lain banyak pula para perokok aktif yang umurnya lebih panjang dari orang-orang yang tidak merokok. Pilihan ada ditangan Anda. Mari bagikan pengalaman Anda, keluarga, saudara, ataupun teman-teman Anda tentang rokok dan upaya-upaya untuk berhenti merokok dengan aktif berkomentar. Terimakasih.

Tips Cara Jitu Berhenti Merokok Tips Cara Jitu Berhenti Merokok Reviewed by Mbah Gimbal on 6:17 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.