Beberapa Hal Yang Harus Dicek Sebelum Membeli Mobil Bekas






Hal Yang Harus Dicek Sebelum Membeli Mobil Bekas
Hal Yang Harus Dicek Sebelum Membeli Mobil Bekas - Mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang terlebih bagi orang yang melakukan pekerjaan dalam jarak yang jauh. Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil memang menjadi salah satu penyebab kemacetan di kota-kota besar, namun hal ini tidak menyurutkan keinginan seseorang untuk membeli dan mempunyai kendaraan yang satu ini. Mereka saat ini pun dapat membeli mobil dimana saja dengan bantuan internet yang memudahkan jual beli mobil, namun Anda harus tetap berhati-hati untuk membeli mobil terutama dalam membeli mobil bekas. Selain sudah pernah dipakai, mobil bekas yang dijual mungkin dengan beberapa alasan mengenai kondisi mesin yang sudah tidak bagus atau karena hal lain yang bisa Anda tanyakan dengan si penjual. Terdapat beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan beberapa orang saat membeli mobil bekar, antara lain :
  • Tidak menanyakan mengenai sejarah mobil yang akan dijual, jangan sampai Anda membeli mobil dengan kondisi dimana mobil tersebut pernah mengalami tabrakan yang hebat, odometernya yang bisa diatur ulang, dan yang pernah terendam banjir karena pasti akan mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri.
  • Anda kurang tahu soal mesin mobil yang ada didalamnya. Hal ini sangat fatal jika Anda ingin membeli mobil tanpa tahu permesinan. Ajaklah orang yang pandai melihat dan mengerti mesin mobil agar Anda tidak tertipu.
  • Anda terburu-buru sehingga tidak memeriksa catatan mengenai service mobil tersebut.
  • Tidak membandingkan atau tidak melihat-lihat mobil lain sebagai pembanding.
  • Anda terlalu terburu-buru saat melakukan test drive.

Setelah mengetahui beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan tentunya diharapkan agar Anda tidak ikut melakukan kesalahan yang serupa. Dan kali ini Omah Tips ingin memberikan pula sedikit informasi mengenai beberapa hal yang harus Anda cek sebelum membeli mobil bekas.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DICEK SEBELUM MEMBELI MOBIL BEKAS


Sebelum membeli mobil bekas sebaiknya Anda harus cek terlebih dahulu bagian-bagian penting yang terdapat di dalam mobil itu sendiri, diantaranya ialah :

Sebelum membeli mobil bekas hendaknya Anda memeriksa apakah kondisi luar dan dalam mesin masih baik atau tidak, jangan sampai Anda hanya melihat bagian luar mesin yang masih terlihat mulus namun ternyata kondisi dalam mesin sudah rusak parah dan tidak nyaman untuk digunakan. Jika Anda tidak begitu mengerti mengenai mesin mobil lebih baik Anda membawa teman yang lebihh mengerti atau membawanya ke bengkel untuk diperiksa kondisi mesinnya. Perhatikan pula apakah ada kerusakan dan goresan-goresan pada mur sambungan jika ada mungkin mobil tersebut pernah dalam kondisi yang rusak parah sehingga membutuhkan reparasi.

Tips Membeli Mobil Second
Mobil Bekas

Perhatikan pula bagian karpet kaki sebelum Anda membeli mobil bekas. Karpet kaki bisa saja sering dibersihkan sehingga menjadi mengkilap dan bersih, namun Anda harus lebih teliti dengan mengecek bagian bawah karpet dan melihat kondisinya apakah basah atau lembab? Jika bagian bawah karpet basah dan lembab Anda perlu berhati-hati karena bisa menimbulkan lubang pada body mobil yang akan berakibat fatal nantinya.

Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas
Hal Yang Harus Dicek Saat Membeli Mobil Bekas

Hal yang harus dicek sebelum membeli mobil selanjutnya ialah pedal kaki, jika karpet pada bagian pedal sudah usang maka Anda perlu menanyakan mengapa hal itu terjadi apakah pernah dan sering terjadi masalah atau tidak.

Sebelum membeli Mobil Bekas
Membeli Mobil Bekas

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil yaitu bagian bawah mobil yang seringkali terlupa untuk dicek. Bawalah ke bengkel untuk bisa mengangkat mobil sehingga Anda dapat melihat bagian bawah mesin, apakah masih dalam keadaan layak atau tidak. Jika terdapat bagian yang ditambal Anda patut curiga bahwa tambalan tersebut mungkin untuk menutupi kerusakan pada mobil tersebut.

Tips Membeli Mobil Bekas
Membeli Mobil Bekas

Sebelum membeli mobil bekas Anda juga perlu melihat bagian luar mobil, apakah masih mulus atau sudah banyak goresan-goresan yang menimbulkan cacat parah pada mobil. Jika terdapat goresan yang tidak wajar, Anda perlu menanyakan apakah pernah terjadi kecelakaan besar atau hal lain yang menyebabkan goresan itu terjadi.

Membeli Mobil Bekas
Pengecekan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Anda juga harus cek bagian dalam mobil seperti sofa, setir, spion dan jendela apakah masih bagus atau sudah tergores. Teliti dengan benar setiap bagian mobil sebelum Anda memberikan tanda jadi dan siap membawa mobil tersebut pulang ke rumah Anda.

Tips Membeli Mobil Bekas
Membeli Mobil Bekas
Sekian informasi dari kami, semoga bisa membantu Anda dalam membeli dan meneliti mobil yang akan Anda beli. Terimakasih. Artikel terkait Tips Membeli Mobil Bekas Bagi Para Pemula.

Beberapa Hal Yang Harus Dicek Sebelum Membeli Mobil Bekas Beberapa Hal Yang Harus Dicek Sebelum Membeli Mobil Bekas Reviewed by Jeng Admin on 8:16 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.