Bagaimana Cara Mencari dan Mendapatkan Ide Menulis Di Blog






Bagaimana cara menemukan ide menulis
Bagaimana cara mendapatkan ide menulis di blog? Kali ini Omah Tips akan membagikan tips dan cara mendapatkan ide menulis di blog, bagi Anda yang baru bergabung di dunia blogging dan masih bingung dalam mencari ide maupun topik untuk menulis artikel. Artikel cara mencari ide menulis di blog ini juga berguna bagi Anda yang sudah lama bergelut di dunia blogging namun terkadang masih menemui kesulitan untuk mencari ide yang dapat dituangkan menjadi artikel. Kadangkala seorang blogger senior pun sulit menentukan ide untuk menulis meskipun telah duduk lama di depan komputer atau laptopnya, mereka tidak tahu harus menulis apa. Hal ini sebenarnya sangat wajar dan dapat dialami oleh siapa saja. Sulitnya menemukan ide untuk menulis bisa saja terjadi karena kita sedang tidak mood. Seringkali sesaat setelah kita selesai menulis, kita merasa tulisan tersebut tidak pas sehingga kita menghapusnya. Hal tersebut dapat terjadi berulang kali sehingga tulisan yang kita buat tidak selesai-selesai. Mencari ide untuk menulis ide di blog memang gampang-gampang susah, pada artikel sebelumnya mengenai mengapa blog sepi pengunjung telah dibahas bahwa kualitas artikel memegang peranan yang penting. Untuk dapat menulis artikel yang berkualis tentu dibutuhkan ide yang segar. Jika Anda sudah memiliki ide untuk menulis langkah selanjutnya ialah mengembangkannya menjadi kalimat-kalimat dan menyusunnya menjadi beberapa paragraf hingga terbentuk sebuah artikel. Hal tersebut terlihat simpel, namun bagaimana kita dapat menghasilkan artikel yang berkualitas jika kita tidak memiliki ide apa-apa untuk ditulis. Simak, cara mencari ide menulis artikel di blog berikut ini untuk menjawab semua permasalahan Anda itu.

Banyak membaca, melihat dan mendengar. Cara mendapatkan ide menulis artikel di blog yang pertama ialah dengan banyak membaca, banyak melihat, dan pula mendengar. Banyak membaca disini meliputi membaca koran, majalah, buku, selebaran dan lain-lain. Anda juga dapat membaca forum online untuk mengetahui topik yang sedang digemari banyak orang. Anda juga dapat melakukan blog walking untuk mencari ide menulis. Sembari membaca artikel di blog yang sedang dikunjungi, Anda dapat sekalian mempromosikan blog Anda. Bagaimana caranya? Baca solusi mengapa blog sepi pengunjung. Banyak melihat meliputi menonton televisi, melihat konser, melihat kondisi diri sendiri, keluarga, lingkungan tempat tinggal, ataupun melihat hal-hal yang Anda temui sehari-hari. Sedangkan banyak mendengar dapat meliputi mendengar radio, lagu, mendengar cerita dan lain-lain. Dengan memperbanyak wawasan tentu Anda tidak perlu bingung dalam mencari ide untuk menulis. Anda dapat memulai mencari ide untuk menulis dari hal-hal yang Anda sukai terlebih dahulu. Namun akan lebih baik lagi jika hal tersebut jika diminati banyak orang. Dengan begitu tulisan dan artikel Anda tentu akan laris dibaca orang dan blog Anda akan menjadi ramai. Ini adalah salah satu cara agar blog ramai pengunjung.

Cara mendapat ide menulis diblog yang kedua ialah dengan mengangkat topik permasalahan yang sedang Anda hadapi. Anda juga dapat mengangkat topik permasalahan yang banyak orang lain hadapi. Anda dapat melihat forum-forum untuk mengetahui permasalahan apa yang dihadapi orang-orang. Berikan solusi atas persoalan dan permasalahan mereka. Anda dapat menceritakan pengalaman Anda sendiri saat memecahkan persoalan tersebut. Cara ini terbilang mudah untuk membuat artikel utuh, karena Anda cukup mencatat curhatan Anda sendiri. Setelah Anda menemukan ide dengan mengangkat topik pemecahan masalah tentu Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan artikel yang Anda buat. Salah satu bentuknya ialah dengan membuat artikel tutorial bergambar. Bentuk penulisan yang lain ialah dengan membuat artikel mengenai review suatu produk. Banyak orang mengetahui spesifikasi produk, perbandingan atar produk, misalnya seperti hp, kamera, gadged dan lain-lain. Menulis artikel ini tentu akan membantu orang-orang yang ingin membeli dan mengetahui spesifikasi produk lebih detil sebelum menentukan pilihan produk Anda yang ingin mereka beli.

Yang ketiga, dengan melakukan kedua cara diatas secara terus menerus tentu kemampuan Anda akan semakin terasah. Dengan sendirnya nantinya Anda akan memiliki feeling untuk menentukan ide menulis artikel yang menarik dan diminati banyak orang. Untuk sampai pada tahap ini, tentunya Anda harus konsisten dan tekun dalam membuat postingan-postingan secara berkala.

Demikianlah cara jitu untuk mencari ide menulis di blog menurut Omah Tips. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang bingung dalam mendapatkan ide menulis di blog. Bagi Anda yang memiliki tips atau cara lain mengenai cara mencari ide menulis, mari bagikan melalui bagikan dengan mengirimkan komentar melalui link "postkan komentar" dibawah. Jika Anda masih memiliki pertanyaan dan bingung dalam memilih ide menulis di blog silahkan bergabung untuk mengirimkan pertanyaan Anda melalui komentar dibawah. Terimakasih.

Bagaimana Cara Mencari dan Mendapatkan Ide Menulis Di Blog Bagaimana Cara Mencari dan Mendapatkan Ide Menulis Di Blog Reviewed by Jeng Admin on 8:06 PM Rating: 5

5 comments:

hardo1957blogspot.com said...

Trims infonya sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya (hardo1957.blogspot.com)

Rief said...

Makasih gan yang mw blajar web

boim said...

mencari ide uuntuk menulis artikel adalah dengan membaca buku sesuai dengan topik yang anda inginkan dan membaca artikel punya blog para masta, denganbegitu anda akan mendapatkan ide untuk menulis artikel sebagai kewajiban anda seorang blogger

Jeng Admin said...

@boim trimakasi boim untuk sharingnya. betul sekali..dengan banyak membaca akan membantu kita mendapatkan ide untuk menulis atau mengangkat suatu topik di blog kita.. good idea gan.

Unknown said...

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
The blog is genuinely impressive in all aspects.
Good news.
dewa poker

Powered by Blogger.